Cukup Pura-Pura Lupa, Jangan Sampai Pura-Pura Bahagia!

  • Bagikan
Bahagia. Foto: internet

FENESIA – Mungkin ada sebagian orang yang menggunakan media sosial, memang pure dengan kehidupan yang sebenarnya. Tapi tunggu dulu, saat ini media sosial kerap kali memperlihatkan wajah pura-pura bahagia dari berbagai penggunanya.

Media sosial merupakan media yang digunakan untuk bersosialisasi dengan orang lain. Kita bisa menggunakannya untuk membangun relasi yang lebih luas lagi. Akan tetapi, kita juga tidak boleh berpura-pura untuk menutupi kesedihan yang kita alami. Ternyata, ini akan berdampak buruk pada psikologis kita.

Mengapa demikian? Berarti, kita menampilkan emosi yang tidak sesuai dengan apa yang kita alami. Pura-pura bahagia bukanlah jalan terbaik untuk menyembunyikan kesedihan. Manusiawi kok, kalau kamu bersedih. So, kenapa sih pura-pura bahagia itu tidak boleh? Yuk simak!

Bersedih itu Bukan Berarti Kamu Lemah

Envy. Foto: internet

Tidak perlu kita memakai topeng dengan menampilkan keadaan pura-pura bahagia kepada publik. Wajar, ketika kita bersedih karna setiap manusia pasti memiliki permasalahan. Mungkin, kamu berpikir apabila terlihat bersedih orang-orang akan menganggap kamu lemah. Tapi, tidak semuanya yang bersikap demikian.

Ada yang memandang kamu dari perspektif yang berbeda. Ada yang memiliki rasa simpati yang tinggi, sehingga secara tidak langsung bisa membantu kamu untuk keluar dari lingkaran kesedihan. Karna kuat itu belajarnya dari masalah dan kesedihan yang kita alami.

Selalu Tersenyum Tidak akan Menyembuhkan Luka

Berbohong. Foto: internet

“Ada masalah apa? Kenapa kamu murung sekali?”

Alih-alih menjawab, kadang kita lebih memilih untuk tersenyum. Ekspresi alami manusia ketika lelah dan bersedih bukanlah tersenyum. Jangan jadikan tersenyum untuk menyelesaikan permasalahan kamu.

Terapkan pada diri sendiri, ‘aku tersenyum karna aku bahagia’. Feeners bisa menceritakan permasalahan yang terjadi pada orang yang terpercaya. Kamu bisa menangis sejadi-jadinya, tapi esok harus lebih baik lagi. Katakan apabila kamu sedang tidak baik-baik saja. Karna tidak semua orang memperlakukanmu buruk, ubah mindset mu itu!

Jadilah Natural dan Apa Adanya

Wanita Ceria. Foto: internet

Bersikaplah secara wajar, apa pun yang kamu rasakan jangan tutupi dengan pura-pura bahagia. Kesedihan tidak akan bertahan selamanya kok. Cepat atau lambat mereka akan pamit juga, kemudian digantikan dengan kebahagiaan. Kamu berhak bersedih feeners!

Belajar Dewasa dari Keadaan

Senyum. Foto: internet

Ada mereka yang tumbuh dewasa karna usia. Dan ada yang tumbuh dewasa karna keadaan. Kadang kita mencoba untuk terlihat baik-baik saja di media sosial, tapi sadarkah kamu hal inilah yang kadang menghambat kita menjadi dewasa.

Berpura-pura bahagia malah menunjukkan diri kita sangat terobsesi dengan kehidupan yang sempurna. Akhirnya, membohongi diri sendiri dan orang lain dengan selalu menunjukkan hal yang positif walaupun yang dialami adalah sebaiknya.

So, kalau ada yang publish masalahnya di media sosial coba lihat dari perspektif yang berbeda. Tidak semua yang mereka up tujuannya untuk cari sensasi. Tidak menutup kemungkinan kalau dia butuh pendengar, coba kasih ruang untuk dia. See you ya!

  • Bagikan