News Feed Indonesia

Alasan Pelukan Punya Banyak Manfaat, Bukan Cuma Untuk Obati Kesedihan Saja !

FENESIA – Pelukan adalah salah satu cara mengungkapkan kasih sayang seseorang. Pelukan biasa dilakukan untuk menyambut dan mengucapkan selamat tinggal kepada teman, keluarga, bahkan orang-orang terdekat. Disisi lain, pelukan juga memiliki banyak manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Pelukan dilakukan tanpa memandang umur, jenis kelamin, maupun antar pria dan wanita. Pada umumnya, orang cenderung mudah menerima pelukan, karena pelukan sederhana ini sangat bagus manfaatnya. Berikut kami sajikan buat Feeners manfaat dari pelukan.

Melakukan pelukan dapat meredakan stres. Foto: Internet

1 Menjadi Kunci Hubungan yang Harmonis

Berpelukan dapat memancing tubuh kita untuk melepaskan hormone oksitosin, karena dapat membuat perasaan lebih tenang dan nyaman, sehingga membantu hubungan kita dengan seseorang atau pasangan menjadi lebih harmonis.

2 Mengurangi Rasa Takut

Ketakutan adalah perasaan yang pasti dimiliki oleh setiap manusia. Manusia cenderung memikirkan hal-hal yang belum terjadi, sehingga rasa takut pun muncul dalam pikirannya. Padahal apa yang dia pikirkan belum tentu terjadi. Manfaat pelukan tidak hanya pada anak-anak saja, tetapimpelukan juga dapat mengurangi rasa takut pada orang dewasa. Sebuah penelitian yang dipubilkasikan di Psychological Sciences, menyebutkan pelukan dapat mengurangi rasa takut mati.

3 Menumbuhkan Perasaan Positif

Manfaat dari pelukan ini dapat membuat perasaan seseorang menjadi positif atau bagi siapa saja yang melakukannya. Selama kamu nyaman, berpelukan mampu membentuk ikatan dan kepercayaan. Berpelukan membantumu seseorang merasa aman, karena ikatan dalam pelukan menciptakan kesan terlindung, sehingga kamu merasa lebih positif dan tenang.

4 Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Rasa tenang, nyaman, dan jauh dari stres karena berpelukan, memiliki efek baik terhadap sistem daya tahan tubuh, sehingga tubuh lebih kuat dalam menghadapi berbagai penyebab infeksi. Tingkat imunitas pada tubuh seseorang ternyata bisa dipengaruhi oleh emosional mereka. Tekanan tubuh yang ia rasakan ketika berpelukan akan mengaktifkan Solar Plexus Chakra pada tubuh. Hal ini akan menstimulasi kelenjar timus dan tubuh kita menyeimbangkan produksi sel darah putih.

5 Baik untuk Kesehatan Jantung dan Meredakan Stress

Ternyata manfaat pelukan ini juga berdampak untuk kesehatan, karena kesehatan jantung mungkin bisa mendapatkan manfaat positif dari aktivitas berpelukan. Hal ini mampu menurunkan kadar hormone kortisol. Hormon ini bekerja oleh adrenalin ketika seseorang mendapat tekanan stress.

Wah, ternyata manfaat pelukan ini bukan disaat lagi bersedih saja. Namun, juga ada manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita. Semoga ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Feeners ya.

Rahma Yulia Putri

REKOMENDASI
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.