4 Cara Meningkatkan Kualitas Tidur di Malam Hari

  • Bagikan
Tidur Berkualitas. Foto: Internet

FENESIA Tidur pada malam hari merupakan kebutuhan yang penting bagi semua orang. Tidur yang baik adalah tidur yang berkualitas. Sebab, kualitas tidur dapat mempengaruhi kerja tubuh seseorang, baik secara fisik maupun mental.

Feeners, pernah tidak merasakan lelah ketika bangun tidur? Bila ini pernah terjadi pada feeners sekalian, pasti rasanya sangat menyebalkan karena dapat mempengaruhi kondisi mood saat kita ingin melakukan aktivitas-aktivitas selanjutnya.

Untuk itu, penting bagi kita untuk memahami bagaimana kualitas tidur yang optimal. Sebab, kualitas tidur pada malam hari memiliki peran yang krusial untuk kesehatan kita.

Lalu, bagaimanakah kualitas tidur yang baik itu?

Bagi orang dewasa, rata-rata waktu tidur yang optimal itu adalah 7 hingga 9 jam. Bukti dari kita memiliki tidur yang berkualitas, antara lain dapat tertidur hanya setelah 15 menit berbaring.

Selain itu, kita memiliki tidur yang berkualitas jika tidak mengalami kesulitan saat tidur seperti mendengkur atau sleep-walking, memiliki pola waktu tidur yang teratur, dan merasa segar saat bangun di pagi hari.

Bagi feeners yang sering kesulitan untuk tidur atau merasa kualitas tidurnya belum optimal, yuk simak 4 cara meningkatkan kualitas tidur berikut ini.

Perhatikan Konsumsi Makanan dan Minuman

Tidak Makan sebelum Tidur. Foto: Internet

Siapa nih yang suka makan berat sebelum tidur? Sebaiknya hal ini dihindari ya, feeners. Sebab, dengan makan berat sebelum tidur dapat membuat sistem pencernaan kita bekerja keras sehingga menyebabkan terganggunya tidur.

Jika terasa lapar di malam hari, selingi dengan cemilan-cemilan kecil, diutamakan cemilan yang sehat, seperti buah-buahan ataupun biskuit,

Selain itu, kurangi konsumsi makanan dan minum yang mengandung kafein, seperti kopi, coklat, teh. Kurangi juga minuman yang mengandung alkohol. Walaupun alkohol dapat meningkatkan rasa kantuk, tetapi alkohol dapat membuat kita mudah terbangun sehingga kualitas tidur tidak optimal.

Lakukan Relaksasi sebelum Tidur

Relaksasi sebelum Tidur. Foto: Internet

Banyak metode-metode relaksasi yang dapat kita lakukan. Contohnya, membaca buku, berendam air panas, mendengarkan musik, menulis jurnal, ataupun melakukan meditasi.

Ciptakan Suasana Tidur yang Nyaman

Tidur dengan Lampu Padam. Foto: Internet

Untuk membuat lingkungan tidur kita, yaitu kamar dapat terasa nyaman, mulailah dari merapikan tempat tidur dan sekitarnya. Selain itu, lebih baik juga untuk menjauhkan gawai atapun alat elektronik lainnya saat kita tidur. Sebab, radiasi dari alat elektronik dapat memberika dampak buruk bagi tubuh kita.

Selain itu, kondisi suhu dan cahaya di ruangan kita tidur juga sangat berpengaruh lho, feeners. Banyak studi penelitian membuktikan bahwa tidur dengan lampu menyala tidak baik bagi tubuh kita.

Hal tersebut disebabkan, tidur dengan lampu menyala dapat menekan fungsi hormon melatonin, yaitu hormon utama yang berperan mengendalikan siklus tidur. Biasanya hal ini sering dikaitkan dengan obesitas, diabetes, penyakit jantung dll.

Tentukan Jadwal Tidur Rutin

Jadwal Tidur Rutin. Foto: Internet

Dengan membuat jadwal tidur tetap yang rutin ternyata dapat menciptakan alarm alami bagi tubuh kita. Untuk itu, lakukanlah kebiasaan tidur teratur, termasuk pada hari pekan juga, feeners.

Yuk, feeners, mulai jaga siklus tidur supaya kita dapat merasakan efek baik dari tidur yang berkualitas!

  • Bagikan