Jangan Lakukan 3 Hal ini dalam Merawat Tanaman Aglonema

  • Bagikan
Tanaman hias Aglonema Foto: Shutterstock/Randy Imanuel

FENESIA – Selama pandemi ini, kebanyakan masyarakat Indonesia memiliki hobi merawat tanaman hias, salah satunya Aglonema. Dalam merawat tanaman satu ini, kebanyakan dari kita masih sering melakukan beberapa kesalahan. 

Karena kesalahan-kesalahan yang kita lakukan, tanaman yang kita harapkan menjadi bagus, malah mati karena tidak cermat dalam merawatnya.

Berikut 3 hal yang perlu dihindari dalam merawat tanaman Aglonema.

Jangan siram secara berlebihan

Tanaman hias Aglonema Foto: Shutterstock

Hal pertama yang biasa dilakukan pemula dalam merawat aglonema adalah melakukan penyiraman secara berlebihan atau terlalu banyak. Sebenarnya, tanaman aglonema tidak perlu disiran dengan air yang banyak, apalagi sampai banjir ke bawah.

Penyiraman aglonema cukup membasahi bagian dari media tanam, tidak harus semuanya dan sampai banjir ke bawah media tanam, karena hal itu akan membuat nutrisi di media tanam malah terbuang sia-sia.

Penyemprotan yang keliru

Tanaman hias Aglonema Foto: Istimewa

Kebanyakan dari kita sering keliru dalam menyemprot tanaman aglonema dan juga tidak dilakukan pada waktu yang dianjurkan. Penyemprotan daun aglonema sebaiknya dilakukan setiap hari, tapi pada jam-jam tertentu.

Penyemprotan sebaiknya dilakukan pada saat pagi dan sore hari, pada pagi hari itu sebaiknya di bawah pukul 8 pagi, karena pada saat itu stomata daun sedang terbuka, atau penyemprotan aglonema bisa kamu lakukan di sore hari, di atas pukul 17.00, bagusnya pukul 17.30.

Tidak menggunakan pot yang sesuai

Tanaman hias Aglonema dengan pot yang benar Foto: Istimewa

Kesalahan yang satu ini juga banyak dilakukan oleh perawat tanaman, apa lagi yang pemula. Disarankan untuk gunakan pot tanaman yang sesuai dengan ukuran aglonema.

Kebanyakan pemula menggunakan pot besar untuk aglonema yang berukuran kecil agar terlihat lebih keren. Padahal, penggunaan pot besar pada aglonema yang berukuran kecil malah membuat aglonema menjadi sulit untuk berkembang, karena kebesaran pot digunakan pot yang sesuai dengan ukuran aglonema.

Itu dia 3 kesalahan yang sering kita lakukan dalam merawat tanaman aglonema. Kalo kamu masih melakukannya, jangan diulangi lagi, ya!

  • Bagikan