News Feed Indonesia

3 Kata Ajaib : Tolong, Terima Kasih, Maaf

Kata tolong, maaf, dan terimakasih merupakan tiga kata ajaib yang sederhana yang mudah dilafalkan lidah. Namun, sebagian orang sangat sulit untuk mengucapkannya.

Ketiga kata ajaib ini sejatinya merupakan kata-kata yang paling orang lain ingin dengarkan dari orang sebagai bentuk saling menghargai antar sesama.  Itulah pentingnya memahami tiga kata ajaib ini agar hubungan kita dengan orang lain semakin baik.

1 Tolong

Tolong
Sumber foto : akuntt

Ketika kita ingin mendapatkan bantuan dari orang lain sebaiknya dengan menggunakan kata “tolong”, sebab   orang yang dimintai bantuan tentunya akan dengan senang hati membantu, tanpa ada keterpaksaan. Atau kalau pun jika tidak bisa membantu, dia akan menolak dengan halus.

Kata “tolong” membuat kita lebih sadar akan kelemahan dan keterbatasan yang kita miliki. Dengan mengucap “tolong” kita lebih mampu untuk menerima diri sendiri secara apa adanya, dan melihat apa yang bisa dan tidak bisa kita lakukan. Kata “tolong” memberikan energi positif bagi lawan bicara kita dan mereka akan termotivasi untuk melakukan hal yang kita butuhkan dengan lebih baik

2 Terima Kasih

Terima Kasih
Sumber foto : wikipedia

Bentuk terimakasih kepada Allah dalam bentuk bersyukur atas nikmat yang telah di berikan, namun jika bentuk terimakasih kepada manusia adalah dalam bentuk ucaran terimakasih. Setelah mendapat bantuan atau menerima sesuatu, biasakan untuk selalu berterima kasih.

Ucapan terima kasih adalah salah satu bentuk penghargaan terhadap orang lain. Itulah mengapa terima kasih kerap disebut juga sebagai salah satu kata ajaib. Tidak sebatas itu kata Terimakasih merupakan sebuah apresiasi dari kita untuk orang lain yang sudah bersedia berbagi atau membantu kita.

3 Maaf

Maaf
Sumber foto : wikipedia

Setiap manusia pasti pernah berbuat salah,  kata maaf merupakan kata yang sering kita ucapkan ketika melakukan kesalahan. Meminta maaf merupakan bentuk simpati atau penyesalan seseorang. Tidak hanya itu meminta maaf merupakan sebuahsebuah bentuk saling menghargai antar sesama.

Dengan kata “maaf”, kita dapat menurunkan ego atas ke-Maha Benar-an yang ada di dalam diri. Sesungguhnya tidak ada manusia yang tidak memiliki kesalahan, yang membedakannya dari orang-orang yang melakukan kesalahan tersebut ialah tindakan yang mereka lakukan setelahnya.

Apakah dia akan menyesali perbuatannya dengan meminta “maaf”, atau tidak?. Tentu kita semua setuju bahwa tindakan yang tepat untuk dilakukan setelah seseorang melakukan sebuah kesalahan ialah meminta “maaf”. Namun nyatanya tidak demikian setelah melakukan kesalahan, umumnya seseorang lebih sering melakukan pembenaran mengenai kesalahan yang mereka lakukan daripada meminta maaf.

Untuk mengatakan “maaf”, secara tidak langsung memberikan makna bahwa kita memiliki rasa tanggungjawab terhadap apa yang telah kita lakukan. “Maaf” bukan berarti menujukan bahwa seseorang itu lemah atau kalah, tetapi juga memberikan arti untuk menghargai orang lain dan membawa kedamaian pada kita sendiri.

Orang yang mampu mengakui kesalahannya justru adalah pemenang sejati. Dengan “maaf” kita jadi lebih mengerti bahwa selain perasaan kita sendiri ada perasaan orang lain yang berhak dihargai. Jangan pernah menuntut lebih kepada orang lain untuk menghargai kita, jika kita belum tergerak untuk belajar  menghargai orang lain.

Memahami ketiga kata ajaib ini sangat bermanfaat bagi hidup kita feeners, untuk itu mari kita membiasakan diri berkata-kata yang baik mulai dari sekarang.  Lingkungan yang dihiasi dengan pikiran positif, kalimat-kalimat positif, dan energi positif akan menghasilkan suatu kehidupan yang lebih baik, semoga bermanfaat.

Penulis : Nurmaini

REKOMENDASI
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.