Waspada! Tips Menghadapi Orang yang Suka Playing Victim

  • Bagikan
Playing victim. Foto: internet

FENESIA – Salah satu keanehan dari tingkah laku manusia adalah ketika ia mampu bermain peran dalam situasi tertentu. Ia yang salah, tapi seolah menempatkan dirinya sebagai korban. 

Playing victim mungkin tidak terdengar asing lagi bagi sebagian orang. Apalagi jika dia yang playing victim tersebut berhadapan langsung dengan kamu. Beruntung kalau kamu pandai mengatur emosi untuk tidak melawan dia, tapi apa jadinya jika kamu tidak pandai mengendalikan emosi? Si playing victim pintar dalam bermain drama dan patut untuk diacungi jempol.

Feeners bisa lakukan cara berikut ini untuk menghadapi orang yang suka playing victim. Penasaran? Yuk simak!

Jangan Ikuti Dramanya

Drama playing victim. Foto: internet

Hati-hati, jangan sampai kamu masuk perangkap si playing victim. Jangan gampang terpengaruh dengan bualannya, apalagi saat dia mengeluh atau mencoba menyalahkan orang lain. Kamu cukup merespon dengan raut yang datar dan seolah tidak suka dengan sikapnya.

Hindari Perdebatan dengan Logika

Menghindari perdebatan. Foto: internet

Ketika berdebat dengan si playing victim, ini akan menghabiskan waktu dan tenaga. Secara tidak langsung, kamu berdebat dengan dia yang tidak sehat. Apalagi jika kamu mendebatnya dengan logika, ini tidak akan menghentikan sikap playing victim nya lho feeners.

Tawarkan Solusi

Solusi dalam tim. Foto: internet

Orang dengan mental yang tidak sehat pasti akan sulit untuk menerima solusi dari orang lain. Kita bisa tawarkan solusi pada si playing victim, daripada kita ikut frustasi mendengar keluhan dan energi negatif darinya. Tak ada salahnya kita mencoba untuk memberi solusi dari yang paling praktis dan mudah dilakukan, setidaknya ini akan didengarkan oleh dia.

Membangun Jarak

Membangun jarak. Foto: internet

Tidak semua orang bisa menghadapi perilaku si playing victim dengan mudah. Daripada kamu tetap bertahan, mending bangun jarak dengannya. Sebenarnya, apabila kamu terlalu dekat dengan si playing victim ini akan berdampak buruk bagi pribadi kamu sendiri. Playing victim bisa dibilang sebagai virus yang gampang untuk menular. Pastinya perhatikan kesehatan mentalmu dulu ya feeners dan kamu masih bisa berteman dengan orang yang lebih baik.

Memang menyebalkan jika kita bergaul dengan orang yang suka playing victim. Tapi tenang feeners! Kamu bisa melakukan tips-tips yang ada di atas ya. Jangan lupa jaga kesehatan and see you!

  • Bagikan