News Feed Indonesia

Mulai Mencegah Kanker Hingga Demam Berdarah, Berikut Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

FENESIA – Buah pepaya mempunyai khasiat untuk melancarkan sistem pencernaan. Namun, tidak hanya buahnya saja, bagian daun pepaya juga banyak manfaatnya. Bagi Feeners yang suka makanan tradisional, pastinya tidak asing dengan menu tumis daun buah pepaya dengan teri atau pecel kan?

Banyak orang mengolah daun pepaya menjadi berbagai macam masakan karena dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, karena daunnya yang kaya akan kandungan nutrisi. Berikut kami sajikan buat Feeners manfaat dari daun pepaya.

Tidak hanya buahnya saja, bagian daun pepaya juga banyak manfaatnya. Foto: Internet

1 Mengobati Gejala Demam Berdarah

Demam berdarah adalah virus yang berasal dari gigitan nyamuk ke manusia dan menyebabkan gejala seperti flu, demam, kelelahan, sakit kepala, mual, muntah, dan penyakit kulit. Penderita demam berdarah mengalami penurunan kadar trombosit dalam darah, sehingga mengakibatkan terjadi perdarahan dan berpotensi fatal jika tidak ditangani.

2 Memperbaiki Saluran Pencernaan

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan adalah memperbaiki saluran pencernaan.  Hal ini dapat terjadi karena adanya zat karpin dalam daun pepaya.

Zat karpin sendiri dapat membasmi mikroorganime jahat yang mengganggu pencernaan. Dengan mengonsumsinya secara rutin, daun pepaya dapat memperlancar kembali pencernaan yang bermasalah.

3 Meredakan Kram Menstruasi

Bagi Feeners yang sering mengalami sakit perut saat haid atau dating bulan, daun papaya dapat meredakan kram yang sering terjadi pada wanita saat menstruasi.

Cara yang bisa Feeners lakukan adalah dengan merebus satu lembar daun pepaya bersama garam dan asam jawa. Setelah mendidih, diamkan hingga hangat dan minumlah.

Meminum ramuan ini dalam keadaan hangat akan membantu mempercepat reaksinya dalam perut sehingga nyeri haid dapat segera teratasi. Untuk hasil yang optimal minumlah rebusan daun pepaya beberapa kali dalam sehari.

4 Mencegah Risiko Kanker

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan yang selanjutnya adalah dapat mencegah kanker. Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi pada daun pepaya. Kandungan antioksidan tersebut bagus untuk menghilangkan radikal bebas, termasuk risiko adanya kanker.

5 Mengobati Jerawat

Kandungan senyawa karpain yang ada pada daun pepaya, secara efektif dapat menghilangkan jerawat dan masalah kulit lainnya. Cara untuk mendapatkan manfaat dari daun pepaya untuk mengatasi jerawat adalah dengan membuat masker dari daun pepaya, serta juga bisa meminum air rebusan dari daun pepaya.

Nah, jadi itulah Feeners manfaat dari daun papaya untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu ya.

Rahma Yulia Putri

REKOMENDASI
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.