News Feed Indonesia

McLaren Dapat Suntikan Dana Dari Investor AS

FENESIA – Jelang akhir tahun, tim F1 asal Inggris McLaren menjual sahamnya. Tim balap yang memiliki warna khas oranye ini akan mendapatkan suntikan dana sebesar Rp 3,46 triliun.

Mengutip dari BBC, McLaren melepas sahamnya kepada grup investor asal Amerika Serikat, MSP Sports Capital. Jumlah saham yang dilepas sebesar 15 persen di awal, dan akan melonjak menjadi 33 persen pada akhir 2020.

Jumlah uang yang disuntik selama dua tahun yakni sebesar 185 juta Pound, atau sekitar Rp 3,46 triliun. Uang tersebut dapat membantu kiprah McLaren dalam ajang Formula 1 dan juga IndyCar.

Perlu diketahui, McLaren dikabarkan mengalami krisis keuangan selama beberapa tahun terakhir, yang diperparah dengan adanya pandemi COVID-19. Hal tersebut berdampak pada prestasi mereka di lintasan F1 selama beberapa tahun ke belakang.

Padahal, McLaren dulu dikenal sebagai tim tangguh di F1, yang meraih sukses lewat nama-nama seperti James Hunt, Alain Prost, Ayrton Senna, Mika Hakkinen, bahkan Lewis Hamilton. Akan tetapi sejak 2008, gelar juara tak pernah lagi mampir ke garasi tim yang identik dengan warna oranye ini.

Dengan kehadiran MSP yang berpengalaman di Major League Baseball (MLB) dan NBA, diharapkan tim yang berbasis di Woking tersebut dapat kembali ke jalur persaingan gelar juara, yang selama tujuh tahun terakhir dikuasai oleh Mercedes.

Mengutip dari situs resmi tim, zak Brown mengungkapkan, “Investasi ini merupakan momen kunci dalam kemajuan McLaren Racing. MSP Sports Capital adalah investor olahraga terkemuka. Mereka mengerti kondisi pasar dan tim mereka memiliki pengalaman dan terbukti sukses dunia olahraga global.”

“Investasi baru ini akan mendukung rencana kami untuk mengembalikan McLaren dalam persaingan perebutan gelar juara di Formula 1 and IndyCar, dan akan memperkuat momentum positif kami, di mana kami terus fokus dalam misi kami kembali ke podium teratas,” lanjutnya.

Musim ini, McLaren diperkuat Carlos Sainz Jr., dan Lando Norris. Namun untuk tahun depan, Sainz akan hijrah ke Ferrari dan akan digantikan oleh pebalap asaal Australia, Daniel Ricciardo.

REKOMENDASI
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.