Cara Berkomunikasi yang Baik dengan Orang Depresi

  • Bagikan
Cara mengatasi depresi pada manusia. Foto: internet

FENESIA – Tak ada yang salah dengan orang yang mengalami depresi. Wajar jika manusia mengalami depresi dalam hidupnya. Namun yang sulit itu, bagaimana cara kita menghadapi orang yang depresi. Perlunya trik dalam berkomunikasi tujuannya agar silaturahmi tetap terjalin dengan baik.

Sekitar 15,6 juta penduduk di Indonesia mengalami depresi. Angka ini akan terus meningkat jika tidak ditangani dengan cepat. Kondisi mental seseorang akan mempengaruhi kesehatan jiwa. Biasanya memang berawal dari masalah yang kecil seperti depresi ini, seiring berjalannya waktu apabila tidak diatasi akan berkembang menjadi hal yang lebih parah lagi.

Depresi bisa berakibat fatal bagi si korban. Untuk itu, perlunya dukungan dari orang-orang terdekat untuk membantu seseorang bisa sembuh dari depresi. Salah satunya dengan cara berkomunikasi yang baik. Perlu dicatat, bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan orang yang menderita depresi. Penasaran apa saja? Yuk simak!

Ambil Peran, Coba Tanyakan “Apa yang Anda rasakan sekarang?”

Cara mengatasi depresi. Foto: internet

Mungkin kalimat ini terkesan biasa saja, namun bisa memberikan pengaruh yang baik bagi mereka yang mengalami depresi. Dengan ini, mereka akan merasa dipedulikan oleh sekitarnya. Depresi tidak selalu soal cinta atau pekerjaan, terkadang juga bersumber dari hubungan pertemanan dan sebagainya. Dengan demikian, adanya rasa peka dari orang-orang terdekat akan membantu korban untuk menjadi lebih baik.

Ambil Peran, Coba Tanyakan “Apa yang saya lakukan untuk Anda?”

Cara mengatasi depresi. Foto: internet

Kita perlu mengambil peran untuk membantu seseorang yang sedang mengalami depresi, bisa dengan cara membantunya dalam menyelesaikan pekerjaan penting, membuat harinya menjadi bewarna lagi, atau membawakan mereka bekal. Sederhana, namun bisa membuat seseorang jauh lebih baik.

Ambil Peran, Coba Tanyakan “Bagaimana perasaan Anda sekarang?”

Cara mengatasi depresi. Foto: internet

Mungkin pertanyaan ini sedikit sensitif bagi mereka yang mengalami depresi. Butuh keahlian dalam bertanya perihal perasaan. Ini akan lebih mudah apabila kita mengandalkan bantuan profesional. Sebagai orang terdekat, tugas kita dengan memberikan motivasi dan dukungan penuh pada mereka.

Studi mengatakan, jika seseorang mengalami depresi mereka cendrung akan menghindari bersosialisasi dengan lingkungan. Disinilah mereka membutuhkan kita untuk mendukung dan menyemangatinya.

  • Bagikan