News Feed Indonesia

Tak Hanya Populer di Industri Hiburan, Selebriti ini Pernah Menjadi Wakil Rakyat

FENESIA – Oktober 2019 lalu menjadi momentum penting bagi para wakil dewan yang terpilih dalam pemilihan umum. Menjadi wakil rakyat tidaklah muda karena memegang amanah masyarakat. Dari banyaknya anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR),ternyata juga ada memiliki latar belakang sebagai selebriti.

Walaupun s menjadi wakil rakyat, selebriti ini tetap eksis di tengah masyarakat. Nah, kira-kira siapa aja ya?

1 Rieke Diah Pitaloka

Rieke Diah Pitaloka
Rieke Diah Pitaloka, Foto: pikiran-rakyat.com

Dari 575 anggota DPR terpilih, 14 di antaranya adalah musisi yang mewakili rakyat Indonesia. Salah satunya adalah Rieke Diah Pitaloka. Ia  menjadi politisi aktif ketika menjadi anggota DPR dari partai PDI-P di Jawa Barat II tahun 2009 hingga 2014. Rieke Diah Pitaloka terpilih kembali sebagai Anggota DPR RI periode 2014-2019 di daerah pemilihan lain, Jawa Barat VII. Kali ini Rieke sudah tiga kali terpilih kembali sebagai anggota DPR.

2 Eko Patrio

Eko Patrio
Eko Patrio, Foto: kumparan.com

Eko Hendro Purnomo yang juga dikenal sebagai Eko Patrio adalah seorang komedian yang sudah dua kali bekerja untuk Partai Amanat Nasional (PAN). Tahun 2009 adalah tahun pertamanya di dunia politik. Tahun itu, Eko menjadi calon legislative nomor urut 1. Pada tahun 2014 ia kembali mencalonkan diri dan lolos untuk periode 2014-2019. 2019 lalu Ia terpilih kembali menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024.

3 Rachel Maryam

Rachel Maryam
Rachel Maryam. Foto: Internet

Rachel Maryam Sayidina atau Rachel Maryam adalah perempuan terkenal kelahiran Bandung yang terkenal di Indonesia. Setelah beberapa saat di dunia hiburan, Rachel Maryam fokus pada kesibukannya sebagai anggota dewan. Rachel Maryam sendiri adalah anggota DPR antara 2014 dan 2019 dengan 58.758 suara. Rachel Maryam telah terpilih kembali  untuk musim 2019-2024.

4 Mulan Jamela

Mulan Jamela
Mulan Jameela, Foto: detik.com

Mulan Jamila diangkat menjadi anggota DPR RI berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum tanggal 16 September 2019. Dengan dukungan Partai Gerindra, Mulan Jamila mewakili Kabupaten Jawa Barat. Mulan Jamila menggantikan dua rekan setimnya, Erwin Lutfi dan Fakhrul Rozi. Mulan Jamela memenangkan kursi di DPR RI setelah memenangkan pengadilan negeri di Jakarta Selatan.

5 Krisdayanti

Krisdayanti
krisdayanti, foto: kompas.com

Krisdayanti terpilih menjadi anggota legislatif dengan 132.131 suara. Dengan dukungan PDIP, Krisdayanti  mewakili Jawa Timur. Seperti Mulan Jamila, Krisdayanti turut serta dalam pembahasan MPR 2019-2024.

6 Tommy Kurniawan

Tommy Kurniawan
tommy kurniawan, foto: idn times

Tommy Kurniawan, dengan dukungan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), menduduki kursi di DPR RI pada 2019-2024. Informasi ini diketahui dari Presiden PKB Muhaimin Iskandar di Instagram. Tommy Courniavan meraih  33.988 suara pada pemilihan umum 2019. Ia terpilih mewakili anggota V Jawa Barat.

Selain nama diatas, masih banyak selebriti lain yang pernah menjadi wakil rakyat. Kira-kira Feeners tertarik gak untuk jadi wakil rakyat?

REKOMENDASI
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.