Samsung Klaim Galaxy S21 Untuk Pasar Indonesia Dukung Frekuensi 5G

  • Bagikan
Samsung Galaxy S21 Foto: SamMobile

FENESIA – Pemerintah memutuskan untuk menggunakan frekuensi 2,3 GHz untuk tahap awal penggunaan jaringan 5G di Indonesia. Meski bukan frekuensi yang populer, Samsung Indonesia klaim Galaxy S21 mendukung frekuensi tersebut.

Demikian dipastikan Taufiq Furqan Product Marketing Manager Samsung Mobile, SEIN.

ia mengatakan sebelum pihaknya merilis Galaxy S21, lebih dulu mempersiapkan kira-kira pemerintah Indonesia akan menggunakan frekuensi yang seperti apa.

“Jadi sebelum meluncurkan dan sebelum mengatakan ini (Galaxy S21) 5G, kami sudah memilih-milih frekuensi mana aja yang didukung. Nah 2,3GHz ini kami dukung di Galaxy S21 Series,” kata Taufiq.

Dijelaskan lebih lanjut Galaxy S21 Series yang diluncurkan di Indonesia mendukung frekuensi 700 MHz, 800 MHz, 850 MHz, 900 MHz, 1,8GHz, 2,1GHz, 2,3 GHz, 2,5 GHz, 2,6 GHz, 3,5 GHz dan 3,7 GHz. Ada satu perbedaan antara yang dirilis di Indonesia dengan beberapa negara adalah tidak mendukung mmWave.

“Kami mendukungnya Sub-6,” ucap Taufiq.

Sedikit informasi, dalam teknologi 5G ada dua jenis pita frekuensi yang diklasifikasikan, yaitu pita Sub-6 GHz, frekuensi yang ditransmisikan dari menara telepon seluler di bawah 6GHz.

Ini sangat mirip dengan 4G. karena frekuensi yang dipancarkan dari menara telepon seluler di bawah 6GHz.

Kemudian, mmWave menggunakan pita frekuensi radio yang lebih tinggi mulai dari 24GHz hingga 40GHz. Frekuensi tinggi ini memang memiliki bandwidth yang sangat besar, sehingga jaringan ini punya kecepatan yang lebih tinggi.

Namun, jangkauannya sangat pendek. Untuk menggunakan teknologi mmWave, seseorang harus berada dalam jarak sekitar satu blok dari menara 5G, sehingga tidak memungkinkan diterapakan di daerah pinggiran kota atau pedesaan

Sinyal mmWave juga mungkin saja terhalang oleh pintu, jendela, pohon, dan dinding. Ini makin membatasi jangkauan yang tersedia, dan karena memerlukan begitu banyak menara untuk cakupannya, akan mahal bagi operator untuk menerapkannya.

“Kecepatan Sub-6 maksimum di 5 Gbps, sementara mmWave mencapai 7,5 Gbps, nah itu saja yang tidak didukung. Namun yang pasti Galaxy S21 mendukung di 2,3 GHz,” ungkap Taufiq.

  • Bagikan