News Feed Indonesia

WiFi Digunakan Orang Lain? Begini Cara Mengetahuinya !

FENESIA – Pasti sangat menjengkelkan bila koneksi WiFi tiba-tiba menjadi lelet.

Hal-hal yang menyebabkan leletnya jaringan internet sangat beragam, seperti koneksi yang buruk, kabel LAN yang putus, atau WiFi yang penuh karena penggunanya yang banyak. Namun, jika ada yang menggunakannya orang lain pasti lebih menjengkelkan.

Ini dia cara mendapatkan konektivitas WiFi yang lebih baik:

1 Periksa lampu Router Wireless

Wireless router seharusnya memiliki lampu indikator yang menunjukkan konektivitas internet, koneksi jaringan kabel, dan juga aktivitas nirkabel apa pun. Salah satu cara untuk mengetahui apakah ada orang yang menggunakan jaringan milik kamu adalah dengan mematikan semua perangkat nirkabel dan lihat apakah lampu nirkabel itu masih berkedip.

Masalah dengan metode ini adalah mungkin Anda memiliki banyak perangkat WiFi lain (seperti TV, smartphone, atau konsol game) untuk dicabut.

2 Periksa daftar perangkat Router

Konsol administratif router bisa membantu mengetahui lebih lanjut tentang aktivitas jaringan wireless. Masukkan alamat IP router ke jendela browser web. Beberapa router memiliki alamat IP default yang dapat digunakan untuk mengakses panel admin.

Jika tidak, Anda mampu menemukan alamat ini di Windows dengan membuka command prompt (tekan Win + R lalu ketik cmd) lalu ketik ipconfig di jendela kemudian Enter. Angka di samping ‘Default Gateway’ atau ‘IPv4 address’ adalah yang Anda cari. Selanjutnya, ketik alamat IP itu di jendela browser. Anda akan diminta untuk masuk ke router.

Semua router berbeda, tetapi setelah Anda masuk, cari bagian yang terkait dengan perangkat yang terhubung (Device Manager, Connected Devices, My Network, dll). Cara ini seharusnya memberikan daftar alamat IP, alamat MAC, dan nama perangkat (jika terdeteksi) yang dapat ditemukan.

Anda cukup membandingkan perangkat yang terhubung dengan perangkat milik Anda untuk menemukan pengguna yang tidak diinginkan.

3 Apa yang harus dilakukan jika menemukan perangkat yang tidak diinginkan?

Pastikan keamanan wireless menggunakan enkripsi WPA2 dan siapkan kata sandi baru. Langkah tersebut dapat mencegah pengguna yang tidak diinginkan mengakses jaringan WiFi Anda. Pastikan password yang baru lebih kuat dari sebelumnya.

REKOMENDASI
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.