News Feed Indonesia

Rizieq Shihab Resmi Dinyatakan Sebagai Tersangka

Fenesia – Polda Metro Jaya akhirnya menetapkan Pimpinan FPI, Rizieq Shihab, sebagai tersangka.

Penetapan ini didasarkan atas kerumunan yang ia ciptakan di Petamburan, yang melanggar protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menjelaskan lebih lanjut, pasal yang menjerat Rizieq Shihab adalah Pasal 160 KHUP dan Pasal 216 KUHP. Yusril melanjutkan, penetapan tersangka ini berdasarkan hasil analisis penyidik setelah melakukan gelar acara pada Selasa (12/8) lalu.

“Ada enam yang ditetapkan sebagai tersangka pertama penyelenggara saudara MRS (Muhammad Rizieq Shihab),” ungkap Yusri pada Kamis (12/10).

Untuk 5 tersangka lainnya adalah panitia acara yang digelar pihak Rizieq Shihab. Adapun acara-acara yang dimaksud melanggar protokol kesehatan Covid-19 seperti acara peletakan batu pertama pembangunan Masjid Raya Syariah, dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselingi akad nikah putri Rizieq Shihab, Syarifah Najwa.

Acara pernikahan putrinya tersebut diperkirakan mengundang 10.000 orang. Rizieq Shihab sendiri telah meminta maaf secara pribadi terkait pengumpulan masaa tersebut. Ia juga berjanji tidak akan mengulangi kesalahan ini lagi. Selain itu, Rizieq Shihab juga menghimbau kepada simpatisan dan masyarakat agar kedepannya lebih mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Sebelumnya, Rizieq Shihab telah dipanggil dua kali terkait kasus yang sama dan keduanya mangkir. Pihak Rizieq Shihab berdalih bahwa pentolan FPI tersebut tidak bisa hadir dikarenakan kesehatan Rizieq Shihab belum sepenuhnya pulih saat pemanggilan.

Friska Aprilliana

REKOMENDASI
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.