Hari Bahasa Ibu Internasional Ditetapkan Pada 21 Februari

  • Bagikan
Berbagai Macam Bahasa. Foto: Internet

FENESIA – Setiap tanggal 21 Februari UNESCO menetapkan sebagai hari Bahasa Ibu Internasional. Hal ini terbentuk sejak tahun 1999.

Bahasa Ibu adalah bahasa yang pertama kali terkuasai oleh manusia sejak lahir melalui interaksi dengan sesama anggota masyarakat, seperti keluarga dan masyarakat lingkungannya.

Hari Bahasa Ibu mulai terakui secara internasional karena adanay Hari Gerakan Bahasa di Banglandest.

Resolusi bahasa internasional ada karena saran dari Rafiqul Islam, seorang Bangli yang tinggal di Vancouver, Kanada. Ia menulis surat kepada Kofi Annan pada tanggal 9 Januari 1998.

Ia memintanya untuk mengambil langkah untuk menyelamatkan bahasa dunia dari kepunahan dengan mendeklarasikan Hari Bahasa Ibu Internasional (International Mother Language Day).

Pada akhirnya pada tanggal 21 Februari menjadi. Hari Bahasa Ibu Internasional karena pada tanggal tersebut. Majelis Umum PBB meminta negara-negara anggotanya untuk mempromosikan semua bahasa yang ada oleh orang-orang se dunia pada tanggal 16 Mei 2009.

Sebelumnya Mejelis Umum menyatakan 2008 sebagai Tahun Bahasa Internasional untuk mempromosikan persatuan dalam keanekaragaman. Pemahaman internasional ini melalui multibahasa dan multikulturalisme.

  • Bagikan