News Feed Indonesia

Serba-Serbi Mobil Listrik, Millenial Wajib Baca !

Mobil listrik ini adalah mobil yang bergerak dengan energi listrik tersimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lainnya. Mobil listrik sangat populer pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, tapi kemudian popularitasnya meredup karena teknologi mesin pembakaran dalam yang semakin maju dan harga kendaraan berbahan bakar bensin yang semakin murah.

Krisis energi pada tahun 1970-an dan 1980-an pernah mengakibatkan sedikit minat pada mobil-mobil listrik, tapi baru pada tahun 2000-an lah para produsen kendaraan baru menaruh perhatian yang serius pada kendaraan listrik, hal ini karena harga minyak yang melambung tinggi.

Kelebihan Mobil Listrik

Mobil listrik memiliki beberapa kelebihan yang potensial dari mobil bermesin pembakaran biasa, yaitu :

1. Mobil listrik tidak menghasilkan emisi kendaraan bermotor.

2. Mobil jenis ini juga mengurangi emisi gas rumah kaca karena tidak membutuhkan bahan bakar fosil sebagai penggerak utamanya. Pada akhirnya, ketergantungan minyak dari luar negeri pun berkurang, karena bagi beberapa negara maju seperti Amerika Serikat dan banyak negara Eropa, kenaikan harga minyak dapat memukul ekonomi mereka.

3. Bagi negara berkembang, harga minyak yang tinggi semakin memberatkan neraca pembayaran mereka, sehingga menghambat pertumbuhan ekonomi mereka.

4. Keuntungan lainnya ialah mobil listrik tidak menimbulkan kebisingan polusi suara karenanya dapat bermanfaat bagi lingkungan.

sumber foto : grid oto

Baterai pada Mobil Listrik

Berbicara mengenai mobil listrik sangat berkaitan dengan penggunaan batrai pada mobil listrik. Sebuah baterai pada mobil listrik sangatlah vital fungsinya, tidak hanya karena dia menentukan seberapa jauh mobil listrik bisa berjalan, namun baterai listrik memiliki masa penggunaan terbatas.

Hal itu yang juga menjadi salah satu pertimbangan apabila kita berkeinginan untuk memiliki mobil listrik, karena untuk mengganti baterai butuh biaya yang tidak sedikit. Namun saat ini baterai pada mobil listrik sudah semakin canggih, rata-rata baterai bisa bertahan hingga 10 atau 15 tahun atau sekitar 200 ribu kilometer.

Saat ini perusahaan Samsung berhasil membuat baterai canggih yang bukan hanya memiliki jarak tempuh hingga 800 kilometer, namun juga bisa meningkatkan usia pakai. Ini karena para ilmuwan di Samsung berhasil membuat baterai dengan menggunakan unsur perak dan carbon (Ag-C) pada sel baterainya yang terbukti lebih tahan ketika pengisian daya berkali-kali.

Faktor Baterai Mobil Listrik Berkurang Kemampuannya

Ada 2 faktor yang membuat sebuah baterai akan berkurang kemampuannya, yaitu :

1. Suhu penggunaan.

Layaknya pada baterai yang menggunakan timah, baterai Li-on juga dapat berkurang drastis kemampuannya apabila pemakaiannya pada suhu yang panas. Sebab itu, mobil listrik tidak baik untuk parkir sangat lama pada keadaan panas terik matahari, karena selain akan mengurangi kemampuannya juga mengurangi usia pakai.

2. Sering diisi daya.

Sama seperti pada smartphone, baterai Li-On juga sangat dipengaruhi oleh jumlah siklus diisi daya yang dilakukan. Selain juga sangat disarankan untuk melakukan overcharge untuk menghindari kerusakan pada baterai. Pada beberapa pabrikan otomotif bahkan membuat sistem pada baterai mobil listrik diblok ketika pengisian daya di angka 80 persen, dengan tujuan untuk mencegah pengguna mobil mengisi daya mobilnya terlalu melebihi kapasitas.

Mobil Listrik di Indonesia

Indonesia tidak ketinggalan mengambil bagian dalam memproduksi mobil listrik. Walaupun masih berupa purwarupa, mobil listrik buatan anak bangsa cukup menjanjikan. Saat ini telah ada 2 model, yaitu Mobil listrik Ahmadi dan Tucuxi. Pada tanggal 20 Mei 2013 dilakukan diuji coba bus listrik untuk APEC 2013 Oktober.

Sampai sekarang bus listrik tersebut melayani transportasi publik di Yogya. Tanggal 6 Mei 2014 ITS menorehkan rekor mobil listrik untuk dalam negeri dengan rincian jarak tempuh total 800 km, kecepatan rata-rata 120-130 km/jam serta setiap 8 jam dengan pengisian ulang selama 3 jam. Rutenya adalah Jakarta–Bandung–Tasikmalaya–Purwokerto–Jogjakarta–Madiun–Surabaya.

Itulah serba serbi mengenai mobil listrik, yang terangkum dalam tulisan ini. Semoga udah nggak penasaran lagi ya.

Penulis : Nurmaini

REKOMENDASI
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.