Beberapa Hal yang Bisa Kamu Lakukan Jika Merasa Salah Jurusan

  • Bagikan
Salah pilih jurusan kuliah. Foto: internet

FENESIA – Merasa galau dengan tugas kuliah adalah hal yang wajar bagi mahasiswa. Tak sedikit juga yang merasa salah memilih jurusan perkuliahan. Apalagi semangat kuliah kamu menurun drastis dan kurangnya motivasi belajar. Wah, bisa-bisa kamu sepakat beralih memilih jurusan yang lain.

Mungkin kondisi ini sudah biasa saja bagi sebagian orang, namun bagaimana dengan mereka yang merasa salah memilih jurusan? Lika-liku kehidupan perkuliahan seharusnya, tak sepenuhnya kamu ambil pusing. Untuk itu, kamu bisa lakukan hal-hal ini jika merasa salah memilih jurusan. Penasaran? Yuk simak!

Belajar Bareng Teman

Belajar dengan teman. Foto; internet

Biasanya yang menyebabkan seseorang merasa salah memilih jurusan yaitu tugas yang banyak dan materi perkuliahan yang sulit. Ini semua bisa diatasi, kamu perlu belajar bersama dengan teman untuk menukar pikiran satu sama lain. Terkadang ada pribadi yang sulit untuk belajar dan memahami materi pembelajaran, untuk itu kamu bisa belajar dengan teman. Secara tidak langsung, kamu juga akan mendapatkan hal-hal baru dari percakapanmu dengan teman.

Ada baiknya kalau kamu belajar bareng teman di perpustakaan ya feeners. Karna ini akan menunjang materi perkuliahanmu. Tak hanya itu, ini juga bisa membuat motivasi kamu meningkat dan lebih bersungguh-sungguh lagi kedepannya.

Berorientasi Kedepan

Persiapan masa depan. Foto: internet

Seharusnya kamu perlu pertimbangkan lagi untuk tidak beralih jurusan, orang tua yang senantiasa mendukung pasti akan kecewa dan sedih dengan keputusanmu. Apabila kamu merasa sangat terpuruk, kamu perlu lakukan hal-hal yang membuat kamu bersemangat lagi. Atau, kamu bisa memberikan sedikit hiasan di kamar dan ponsel-mu bagaimana perjuanganmu bisa bertahan sejauh ini. Ingatlah sudah sejauh mana kamu berproses, tak ada proses yang mengkhianati hasil ya feeners.

Ikuti Organisasi Kampus sesuai Passionmu

ALasan mengapa pentingnya organisasi. Foto: internet

Dengan ikut organisasi, kamu bisa mengembangkan kemampuan dirimu. Kamu perlu mengeksplor hal-hal baru diluar agar suasana hati dan pikiranmu tak selalu bergelut dengan tugas-tugas kuliah. Jadikanlah organisasi tempat kamu menyalurkan hobimu, namun tetap perjuangankan akademikmu dulu ya. Jangan sampai kamu memprioritaskan organisasi daripada kuliahmu.

Kamu Butuh Refreshing

Refreshing. Foto: internet

Refreshing itu perlu bagi diri kamu, apabila merasa penat dengan tugas-tugas kuliah. Paling tidak kamu bisa melakukan refreshing atau jalan-jalan seminggu sekali. Jangan sampai yang ada dipikiranmu hanyalah “salah jurusan” dan berdampak pada kesehatanmu. Kamu bisa jalan-jalan dengan keluarga, teman, bahkan kamu bisa me time untuk menenangkan dirimu. Masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan seperti kulineran, menonton film, nongkrong, atau hal lainnya yang penting untuk kondisi psikolgismu.

Well, kamu tidak perlu risau dan merasa salah jurusan terus. Finally, ini akan segera berlalu jika kamu mampu menghadapinya. Tetap semangat ya kuliahnya, jangan lupa ada orang tua yang menunggumu sukses dan bahagia. See you feeners!

  • Bagikan