Bong Joon-ho Akan Pimpin Penjurian Venice Festival Film 2021

  • Bagikan
Bong Joon-ho Foto: Mark RALSTON AFP

Padang, FENESIA – Sutradara asal Korea Selatan Bong Joon-ho akan pimpin juri utama Venice Film Festival ke-78. Hal ini membuatnya jadi sutradara asal Korea pertama yang terpilih menempati posisi tersebut.

Bong Joon-ho sebelumnya tidak memiliki hubungan sama sekali dengan Venice Film Festival. Akan tetapi, ia membuat sejarah pada tahun lalu saat Parasite menjadi film berbahasa asing pertama yang memenangkan piala Film Terbaik dalam hampir 100 tahun sejarah Academy Awards.

Parasite juga memboyong tiga piala Oscar lainnya kala itu. Kesuksesan film tersebut pertama kali ditampilkan setelah memenangkan Palme d’Or di Cannes 2019.

Mengutip dari Variety, Bong joon-ho mengatakan, “Festival Film Internasional Venesia membawa sejarah panjang dan beragam selama ini. Saya merasa terhormat bisa terlibat dalam tradisi sinematik yang indah ini.”

“Sebagai juri dan yang terpenting sebagai sinefil abadi, saya siap mengagumi dan memuji semua film hebat yang terpilih. Saya dipenuhi harapan dan kegembiraan,” ucapnya.

Direktur Artistik Venesia Alberto Barbera mengatakan secara terpisah  sutradara Bong Joong-ho adalah salah satu suara paling otentik dan orisinal dalam perfilman. Persetujuan Bong Joon-ho memimpin juri disebut kabar baik bagi Festival Film Venice ke-78.

Sutradara Bong Joon-ho selama ini dikenal karena sering memasukkan permasalahan sosial dalam karya-karyanya.

Ia sudah menjadi salah satu ikon perfilman Korea sejak merilis Memories of Murder pada tahun 2003 yang terinspirasi dari kisah nyata, pembunuhan berantai yang sempat menggegerkan penduduk Kota Hwaseong, Korea dalam rentang 1980an.

Namanya semakin terkenal setelah merilis film bertajuk The Host pada 2006 dan menjadi film pertama Korea Selatan yang berhasil meraup US$10 juta.

Film sci-fi berjudul Snowpiercer yang diperankan oleh Chris Evans, John Hurt, Tilda Swinton, Ed Harris, dan Octavia Spencer memantapkan terobosan internasional Bong Joon-ho dan diikuti film Okja pada 2017.

Hal-hal tersebut menjadikan Bong Joon-ho sebagai salah satu dari 100 Orang Paling Berpengaruh pada 2020. Sedangkan, Festival Film Venice ke-78 akan diadakan pada 1-11 September 2021.

  • Bagikan