News Feed Indonesia

Arti Roti Buaya dalam Pernikahan Betawi

FENESIA – Istilah buaya sering digunakan orang untuk laki laki dalam konteks negatif. Buaya disini adalah “Buaya Darat”. Laki-laki buaya darat digambarkan sebagai laki laki yang tidak setia dengan pasangannya.

Buaya disini adalah ‘Buaya Darat’. laki-laki Buaya Darat disini digambarkan sebagai laki-laki yang tidak setia dengan pasangannya. Seringkali laki-laki yang tidak setia mendapatkan sebutan laki laki Buaya Darat. Tahukah kamu, buaya sebenarnya adalah hewan yang setia.

Dilansir dari Kompas TV, Buaya jantan merupakan hewan yang paling setia kepada pasangannya. Bila sang betina mati, Buaya jantan tidak akan mencari betina lain. Ia akan memilih untuk menghabisi sisa hidupnya sendiri. Tidak hanya itu. Buaya Jantan juga terkenal protektif dengan pasangannya.

Dalam tradisi masyarakat Betawi. Roti buaya menjadi pilihan sebagai bahan hantaran saat  lamaran. Salah satu alasan masyarakat Betawi karena buaya adalah hewan yang setia. Selain itu buaya menurut masyarakat Betawi juga melambangkan keperkasaan. ini bertujuan agar pasangan yang akan menikah tetap tangguh menjadi pasangan seumur hidupnya.

Selain sebagai pelambangan kesetiaan, Roti Buaya juga memiliki arti yaitu sebagai simbol kemampuan ekonomi. inilah yang membuat roti buaya hingga saat ini masih menjadi simbolis bagi masyarakat Betawi. Dengan harapan agar kedua mempelai dapat bertahan dan mapan den setia sampai akhir nanti.

REKOMENDASI
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.