News Feed Indonesia

Tips Mudah Lakukan Investasi Bagi Generasi Muda, Single or Taken Bakal Beda Lho

Padang – Investasi sudah menjadi tren yang banyak diminati oleh para generasi Z saat sekarang ini. Hal ini disebabkan oleh digitalisasi yang telah merambat ke berbagai aspek kehidupan. Akan tetapi masih banyak generasi muda yang tidak tahu cara muda untuk berinvestasi.

Sinarmas Sekuritas adalah perusahaan kedua terbesar di Indonesia yang berkomitmen untuk melayani aktivitas investasi dan finansional Indonesia.

Chief Investment Officer PT Sinarmas Asset Management, Genta Wira Anjalu. Foto: Izzati

Lewat Webinar SimInvestival 2022 “Investasi Digital Rang Mudo” , Chief Investment Officer PT Sinarmas Asset Management, Genta Wira Anjalu membagikan 3 tips mudah untuk memahami investasi. Apa aja? Yuk simak penjelasan berikut:

1. Lakukan Perencanaan Keuangan

Generasi Z identik dengan kebiasaan nongkrong di café, healing ke tempat-tempat instagramable. Hal ini pasti bakal ngabisin banyak uang kalau dilakukan dengan intensitas yang sering. Sehingga sebagai generasi muda, kita juga harus memperhatikan kondisi masa depan. Salah satu caranya adalah dengan beinvestasi dan mengatur keuangan agar selain memenuhi kebutuhan lahir batin juga untuk mempersiapkan krisis di masa depan.

Dalam dunia investasi, saham merupakan investasi terbaik dibandingkan dengan deposito dan obligasi. Itulah kenapa banyaknya platform yang menginformasikan tentang investasi saha. Akan tetapi, kondisi di Indonesia saat ini hanya 30% saham yang memiliki performa terbaik menurut Bursa Efek. Tentunya, dengan peluang terbaik pasti ada potensi resiko yang tinggi. Oleh karena itu penting untuk generasi muda mengatur alokasi asset sesuai kondisi dan tanggungannya. H

2. Investasi Sedini Mungkin

Selain memerhatikan kondisi keuangan, menjadi investor haruslah memiliki pengetahuan dan siap mental dalam bermain saham. Gimana ngga, pasalnya jadi investor itu harus siap-siap overthinking karena harganya selalu berubah-ubah dengan waktu yang sesingkat-singkatnya.  So, untuk mencegah overthinking yang semakin larut adalah dengan kenali investasi sedini mungkin.

3. Perpanjang Time-Horizon Investasi

Bagi yang udah bermain saham, pasti udah familiar dengan Time-Horizon (jangka waktu) dalam investasi. Jangka waktu investasi memengaruhi pemilihan produk investasi. Jika investor mengalokasikan dana pada saham atau reksa dana saham, maka jangka waktu investasi harus panjang. Jangka waktu panjang untuk investasi portofolio, yakni lebih dari lima tahun. Semakin panjang waktu investasi, maka semakin berpotensi memberikan imbal hasil yang tinggi, karena investor akan melewati fluktuasi jangka pendek.

Masih bingung dengan dunia investasi? Sinarmas hadir memberikan cara mudah berinvestasi lewat aplikasi SimInvest dan kunjungi juga website Sinarmas Sekuritas untuk informasi lebih lanjut.

Izzati

REKOMENDASI
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.