Fenesia https://www.fenesia.com News Feed Indonesia Tue, 13 Apr 2021 10:17:36 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.7.1 https://www.fenesia.com/wp-content/uploads/2020/09/cropped-FAV-FENESIA-32x32.png Fenesia https://www.fenesia.com 32 32 Cara Berkomunikasi yang Baik dengan Orang Depresi https://www.fenesia.com/cara-berkomunikasi-yang-baik-dengan-orang-depresi/ https://www.fenesia.com/cara-berkomunikasi-yang-baik-dengan-orang-depresi/#respond Tue, 13 Apr 2021 10:17:36 +0000 https://www.fenesia.com/?p=12688 FENESIA – Tak ada yang salah dengan orang yang mengalami depresi. Wajar jika manusia mengalami...

Posting Cara Berkomunikasi yang Baik dengan Orang Depresi ditampilkan lebih awal di Fenesia.

]]>
FENESIA – Tak ada yang salah dengan orang yang mengalami depresi. Wajar jika manusia mengalami depresi dalam hidupnya. Namun yang sulit itu, bagaimana cara kita menghadapi orang yang depresi. Perlunya trik dalam berkomunikasi tujuannya agar silaturahmi tetap terjalin dengan baik.

Sekitar 15,6 juta penduduk di Indonesia mengalami depresi. Angka ini akan terus meningkat jika tidak ditangani dengan cepat. Kondisi mental seseorang akan mempengaruhi kesehatan jiwa. Biasanya memang berawal dari masalah yang kecil seperti depresi ini, seiring berjalannya waktu apabila tidak diatasi akan berkembang menjadi hal yang lebih parah lagi.

Depresi bisa berakibat fatal bagi si korban. Untuk itu, perlunya dukungan dari orang-orang terdekat untuk membantu seseorang bisa sembuh dari depresi. Salah satunya dengan cara berkomunikasi yang baik. Perlu dicatat, bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan orang yang menderita depresi. Penasaran apa saja? Yuk simak!

Ambil Peran, Coba Tanyakan “Apa yang Anda rasakan sekarang?”

Cara mengatasi depresi. Foto: internet

Mungkin kalimat ini terkesan biasa saja, namun bisa memberikan pengaruh yang baik bagi mereka yang mengalami depresi. Dengan ini, mereka akan merasa dipedulikan oleh sekitarnya. Depresi tidak selalu soal cinta atau pekerjaan, terkadang juga bersumber dari hubungan pertemanan dan sebagainya. Dengan demikian, adanya rasa peka dari orang-orang terdekat akan membantu korban untuk menjadi lebih baik.

Ambil Peran, Coba Tanyakan “Apa yang saya lakukan untuk Anda?”

Cara mengatasi depresi. Foto: internet

Kita perlu mengambil peran untuk membantu seseorang yang sedang mengalami depresi, bisa dengan cara membantunya dalam menyelesaikan pekerjaan penting, membuat harinya menjadi bewarna lagi, atau membawakan mereka bekal. Sederhana, namun bisa membuat seseorang jauh lebih baik.

Ambil Peran, Coba Tanyakan “Bagaimana perasaan Anda sekarang?”

Cara mengatasi depresi. Foto: internet

Mungkin pertanyaan ini sedikit sensitif bagi mereka yang mengalami depresi. Butuh keahlian dalam bertanya perihal perasaan. Ini akan lebih mudah apabila kita mengandalkan bantuan profesional. Sebagai orang terdekat, tugas kita dengan memberikan motivasi dan dukungan penuh pada mereka.

Studi mengatakan, jika seseorang mengalami depresi mereka cendrung akan menghindari bersosialisasi dengan lingkungan. Disinilah mereka membutuhkan kita untuk mendukung dan menyemangatinya.

Posting Cara Berkomunikasi yang Baik dengan Orang Depresi ditampilkan lebih awal di Fenesia.

]]>
https://www.fenesia.com/cara-berkomunikasi-yang-baik-dengan-orang-depresi/feed/ 0
Kapolri Cabut Telegram Larangan Media Tayangkan Kekerasan Polisi https://www.fenesia.com/kapolri-cabut-telegram-larangan-media-tayangkan-kekerasan-polisi/ https://www.fenesia.com/kapolri-cabut-telegram-larangan-media-tayangkan-kekerasan-polisi/#respond Tue, 06 Apr 2021 13:28:59 +0000 https://www.fenesia.com/?p=12891 FENESIA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menarik larangan media untuk menampilkan arogansi dan kekerasan...

Posting Kapolri Cabut Telegram Larangan Media Tayangkan Kekerasan Polisi ditampilkan lebih awal di Fenesia.

]]>
FENESIA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menarik larangan media untuk menampilkan arogansi dan kekerasan aparat. Hal ini dilakukan setelah Kapolri mendapat saran dari publik. 

Pencabutan ini tertulis dalam Surat Telegram Nomor: ST/759/IV/HUM.3.4.5./2021. Surat tersebut sebelumnya diterbitkan pada hari ini, Selasa, 6 April 2021, dan ditandatangani Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono.

Surat Telegram Nomor: ST/759/IV/HUM.3.4.5./2021 tertanggal 6 April 2021, terkait pencabutan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/750/Aiv/HUM.3.4.5/2021 bertanggal 5 April 2021. Foto: Istimewa
Surat Telegram Nomor: ST/759/IV/HUM.3.4.5./2021 tertanggal 6 April 2021, terkait pencabutan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/750/Aiv/HUM.3.4.5/2021 bertanggal 5 April 2021. Foto: Istimewa

“SEHUB DGN REF DI ATAS KMA DISAMPAIKAN KPD KA BAHWA ST KAPOLRI SEBAGAIMANA RED NOMOR EMPAT DI ATAS DINYATAKAN DICABUT/DIBATALKAN TTK,” demikian isi surat telegram tersebut.

Dalam kesempatan ini, Divisi Humas Polri juga menyampaikan permintaan maaf jika terjadi miskomunikasi dan membuat ketidaknyamanan bagi kalangan media massa.

Karo Penmas Polri, Brigjen Rusdi Hartono sebelumnya juga sudah memberikan klarifikasi. Dia menyatakan surat telegram tersebut sebenarnya dibuat untuk kepentingan internal.

“Lihat STR itu ditujukan kepada kabid humas, itu petunjuk dan arahan dari Mabes ke wilayah. Hanya untuk internal,” ungkap Brigjen Rusdi.

Posting Kapolri Cabut Telegram Larangan Media Tayangkan Kekerasan Polisi ditampilkan lebih awal di Fenesia.

]]>
https://www.fenesia.com/kapolri-cabut-telegram-larangan-media-tayangkan-kekerasan-polisi/feed/ 0
Apa saja Perbedaan Masker Palsu dengan yang Asli? https://www.fenesia.com/apa-saja-perbedaan-masker-palsu-dengan-yang-asli/ https://www.fenesia.com/apa-saja-perbedaan-masker-palsu-dengan-yang-asli/#respond Tue, 06 Apr 2021 12:15:06 +0000 https://www.fenesia.com/?p=12693 FENESIA – Baru-baru ini, masker medis palsu banyak beredar di masyarakat. Masker palsu ini dapat...

Posting Apa saja Perbedaan Masker Palsu dengan yang Asli? ditampilkan lebih awal di Fenesia.

]]>
FENESIA – Baru-baru ini, masker medis palsu banyak beredar di masyarakat. Masker palsu ini dapat membahayakan para penggunanya, karena dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terpapar Covid-19. 

Mengutip wawancara Dr Simon Kolstoe, dari School of Health and Care Professions at University of Portsmouth, UK dengan CGTN yang diunggah di laman newseu.cgtn.com dari Asumsi.co, ada tiga cara untuk membedakan antara masker medis yang asli dengan yang palsu.

1. Perhatikan bahan masker

Masker medis Foto: Healthline.com

Biasanya, masker medis atau bedah memiliki tiga lapisan bahan yang berbeda, yaitu lapisan luar adalah lapisan hidrofobik, yang dapat mencegah masuknya air. Bagian ini meski tidak terlalu tahan air, tetapi sudah semestinya tahan pada percikan. Sementara bagian dalam terdiri dari semacam kertas tisu yang dapat menyerap dan menangkap kelembapan.

Sedangkan, untuk masker wajah berbahan kain, semakin kuat masker tersebut semakin efisien. Banyak masker wajah berbahan kain yang dilengkapi dengan filter, yang mewakili lapisan perlindungan tambahan. Sementara masker berbahan kain tipis disebut Kolstoe tidak efektif.

2. Perhatikan kemasannya

Ilustrasi masker medis Foto: Mika Baumeister via Unsplash

Di Uni Eropa, semua masker wajah yang dianggap APD atau perangkat medis yang telah menjalani uji kualitas memiliki stempel persetujuan, tanda CE.

Untuk menerima tanda CE, masker yang berbeda harus memenuhi standar yang berbeda sesuai dengan tujuan penggunaannya. Misalnya, masker bedah yang biasanya digunakan oleh staf klinis punya kode EN 14683, pelindung wajah harus memiliki standar EN 166, masker seperti FFP2, FFP3 atau KN95 harus memenuhi persyaratan EN149.

3. Lakukan uji kecocokan

Ilustrasi perbandingan masker Foto: Smart Air

Caranya membandingkan antara masker yang asli dengan yang palsu adalah dengan mencoba memadamkan api dengan cara meniup sementara mulut masih menggunakan masker. Masker wajah yang bagus seharusnya tidak menggerakkan nyala api. Bahan yang tidak terlalu efektif, misalnya kain yang tipis, akan memungkinkan api padam dengan cukup mudah.

Kolstoe mengatakan pihaknya menguji metode ini pada 9 jenis masker wajah yang berbeda, dan dia menemukan bahwa masker N95 adalah yang terbaik untuk efisiensi dan kesesuaian.

Itulah tiga cara untuk membedakan antara masker asli dengan yang palsu, selamat mencoba!

Posting Apa saja Perbedaan Masker Palsu dengan yang Asli? ditampilkan lebih awal di Fenesia.

]]>
https://www.fenesia.com/apa-saja-perbedaan-masker-palsu-dengan-yang-asli/feed/ 0
Polri Terbitkan Larangan Media Tampilkan Aksi Polisi Arogan https://www.fenesia.com/polri-terbitkan-larangan-media-tampilkan-aksi-polisi-arogan/ https://www.fenesia.com/polri-terbitkan-larangan-media-tampilkan-aksi-polisi-arogan/#respond Tue, 06 Apr 2021 10:19:30 +0000 https://www.fenesia.com/?p=12701 FENESIA – Kapolri merilis surat telegram yang berisikan terkait larangan media untuk menayangkan sikap arogansi...

Posting Polri Terbitkan Larangan Media Tampilkan Aksi Polisi Arogan ditampilkan lebih awal di Fenesia.

]]>
FENESIA – Kapolri merilis surat telegram yang berisikan terkait larangan media untuk menayangkan sikap arogansi polisi untuk kepentingan internal. Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan mengungkapkan aturan ini ditujukan untuk media internal Polri. Bukan untuk media massa umum di luar Polri.

“Lihat STR itu ditujukan kepada kabid humas, itu petunjuk dan arahan dari Mabes ke wilayah. Hanya untuk internal,” ungkap Karo Penmas Polri Brigjen Rusdi Hartono.

Telegram tentang pelaksanaan peliputan yang bermuatan kekerasan dan/atau kejahatan itu bernomor ST/750/IV/HUM.3.4.5./2021. Surat telegram tersebut ditandatangani oleh Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono atas nama Kapolri pada 5 April 2021 dan ditujukan kepada para Kapolda serta Kabid Humas.

Dalam surat telegram itu, terdapat beberapa poin yang harus dipatuhi para pengemban fungsi humas Polri. Salah satunya, media dilarang menampilkan tindakan kepolisian yang arogan dan berbau kekerasan.

“Media dilarang menyiarkan upaya/tindakan kepolisian yang menampilkan arogansi dan kekerasan, diimbau untuk menayangkan kegiatan kepolisian yang tegas namun humanis,” demikian bunyi poin pertama surat telegram tersebut.

Selain itu, humas tidak boleh menayangkan rekaman proses interogasi kepolisian dan penyidikan terhadap tersangka tindak pidana. Rekonstruksi yang dilakukan kepolisian juga tidak boleh ditampilkan secara terperinci.

Ketua Komisi Pengaduan dan Penegakan Etika Pers Dewan Pers, Arif Zulkifli, mengatakan Jenderal Listyo Sigit perlu menjelaskan lebih detail soal telegram tersebut yang diteken oleh Kadiv Humas Polri (selaku atas nama Kapolri) tersebut. Arif mengatakan perlu ada penjelasan lanjutan mengenai apakah telegram tersebut ditujukan kepada humas di lingkungan kepolisian atau tertuju kepada media massa.

Berikut isi lengkap telegram tersebut:

1. Media dilarang menyiarkan upaya/tindakan kepolisian yang menampilkan arogansi dan kekerasan, diimbau untuk menayangkan kegiatan kepolisian yang tegas namun humanis.

2.  Tidak menyajikan rekaman proses interogasi kepolisian dan penyidikan terhadap tersangka tindak pidana.

3. Tidak menayangkan secara terperinci rekonstruksi yang dilakukan oleh kepolisian.

4. Tidak memberitakan secara terperinci reka ulang kejahatan meskipun bersumber dari pejabat kepolisian yang berwenang dan atau fakta pengadilan.

5. Tidak menayangkan reka ulang pemerkosaan.

6. Menyamarkan gambar dan identitas korban kejahatan seksual, keluarganya, serta pelaku kejahatan seksual dan keluarganya.

7. Menyamarkan gambar wajah dan identitas korban kejahatan seksual, keluarganya, serta orang diduga pelaku dan keluarganya yaitu korban di bawah umur.

8. Tidak menayangkan secara eksplisit dan terperinci adegan reka ulang bunuh diri dan identitas pelaku.

9. Tidak menayangkan tawuran atau perkelahian secara detail.

10. Dalam upaya penangkapan pelaku tidak membawa media, dan tak boleh disiarkan secara live.

11. Tidak menampilkan gambar secara eksplisit dan terperinci tentang cara membuat dan mengaktifkan bahan peledak.

Posting Polri Terbitkan Larangan Media Tampilkan Aksi Polisi Arogan ditampilkan lebih awal di Fenesia.

]]>
https://www.fenesia.com/polri-terbitkan-larangan-media-tampilkan-aksi-polisi-arogan/feed/ 0
Kemenkes Imbau Masyarakat Cermat dalam Membeli Masker https://www.fenesia.com/kemenkes-imbau-masyarakat-cermat-dalam-membeli-masker/ https://www.fenesia.com/kemenkes-imbau-masyarakat-cermat-dalam-membeli-masker/#respond Tue, 06 Apr 2021 09:14:41 +0000 https://www.fenesia.com/?p=12690 FENESIA – Kementerian Kesehatan melalui Plt Dirjen Farmalkes, drg Arianti Anaya, MKM mengatakan saat ini...

Posting Kemenkes Imbau Masyarakat Cermat dalam Membeli Masker ditampilkan lebih awal di Fenesia.

]]>
FENESIA – Kementerian Kesehatan melalui Plt Dirjen Farmalkes, drg Arianti Anaya, MKM mengatakan saat ini masker medis palsu marak beredar di pasaran. Namun, pada kenyataannya masker tersebut bukanlah masker medis. 

Mengutip dari Asumsi.co, Arianti mengatakan bahwa masker palsu tersebut jika digunakan dapat meningkatkan kemungkinan seseorang yang memakainya terpapar Covid-19 semakin meningkat.

Arianti mengungkapkan setiap masker harus memiliki izin edar dari Kemenkes untuk memastikan masker mampu mencegah masuknya droplet atau virus dan bakteri. Izin edar ini juga bisa diakses melalui infoalkes.kemkes.go.id.

Arianti menjelaskan bahwa masker palsu belum memenuhi persyaratan mutu keamanan dan manfaatnya, karena sebelum diedarkan ke pasar, masker harus melewati beberapa pengujian medis, seperti uji bacterial filtration efficiency (BFE), yang menguji seberapa tahan masker pada masuknya bakteri.

Kemudian uji particulate filtration efficiency (PFE) yang menguji ketahanan pada partikel, dan uji breathing resistance. “Pengujian ini untuk membuktikan masker medis dapat mencegah penularan virus dan bakteri,” sebut Arianti.

Kemenkes juga meminta masyarakat melaporkan bila menemukan peredaran masker medis palsu agar dapat ditindaklanjuti oleh Kemenkes dan aparat penegak hukum.

“Jika tenaga kesehatan atau masyarakat menemukan masker yang dicurigai tidak memenuhi standar maka diminta untuk segera (adukan). Kami punya jalur e-watch alkes itu bisa melalui pengaduan dan atau melalui Halo Kemkes 1500567,” kata Arianti.

Posting Kemenkes Imbau Masyarakat Cermat dalam Membeli Masker ditampilkan lebih awal di Fenesia.

]]>
https://www.fenesia.com/kemenkes-imbau-masyarakat-cermat-dalam-membeli-masker/feed/ 0
Beberapa Hal yang Bisa Kamu Lakukan Jika Merasa Salah Jurusan https://www.fenesia.com/beberapa-hal-yang-bisa-kamu-lakukan-jika-merasa-salah-jurusan/ https://www.fenesia.com/beberapa-hal-yang-bisa-kamu-lakukan-jika-merasa-salah-jurusan/#respond Wed, 31 Mar 2021 01:11:05 +0000 https://www.fenesia.com/?p=12671 FENESIA – Merasa galau dengan tugas kuliah adalah hal yang wajar bagi mahasiswa. Tak sedikit...

Posting Beberapa Hal yang Bisa Kamu Lakukan Jika Merasa Salah Jurusan ditampilkan lebih awal di Fenesia.

]]>
FENESIA – Merasa galau dengan tugas kuliah adalah hal yang wajar bagi mahasiswa. Tak sedikit juga yang merasa salah memilih jurusan perkuliahan. Apalagi semangat kuliah kamu menurun drastis dan kurangnya motivasi belajar. Wah, bisa-bisa kamu sepakat beralih memilih jurusan yang lain.

Mungkin kondisi ini sudah biasa saja bagi sebagian orang, namun bagaimana dengan mereka yang merasa salah memilih jurusan? Lika-liku kehidupan perkuliahan seharusnya, tak sepenuhnya kamu ambil pusing. Untuk itu, kamu bisa lakukan hal-hal ini jika merasa salah memilih jurusan. Penasaran? Yuk simak!

Belajar Bareng Teman

Belajar dengan teman. Foto; internet

Biasanya yang menyebabkan seseorang merasa salah memilih jurusan yaitu tugas yang banyak dan materi perkuliahan yang sulit. Ini semua bisa diatasi, kamu perlu belajar bersama dengan teman untuk menukar pikiran satu sama lain. Terkadang ada pribadi yang sulit untuk belajar dan memahami materi pembelajaran, untuk itu kamu bisa belajar dengan teman. Secara tidak langsung, kamu juga akan mendapatkan hal-hal baru dari percakapanmu dengan teman.

Ada baiknya kalau kamu belajar bareng teman di perpustakaan ya feeners. Karna ini akan menunjang materi perkuliahanmu. Tak hanya itu, ini juga bisa membuat motivasi kamu meningkat dan lebih bersungguh-sungguh lagi kedepannya.

Berorientasi Kedepan

Persiapan masa depan. Foto: internet

Seharusnya kamu perlu pertimbangkan lagi untuk tidak beralih jurusan, orang tua yang senantiasa mendukung pasti akan kecewa dan sedih dengan keputusanmu. Apabila kamu merasa sangat terpuruk, kamu perlu lakukan hal-hal yang membuat kamu bersemangat lagi. Atau, kamu bisa memberikan sedikit hiasan di kamar dan ponsel-mu bagaimana perjuanganmu bisa bertahan sejauh ini. Ingatlah sudah sejauh mana kamu berproses, tak ada proses yang mengkhianati hasil ya feeners.

Ikuti Organisasi Kampus sesuai Passionmu

ALasan mengapa pentingnya organisasi. Foto: internet

Dengan ikut organisasi, kamu bisa mengembangkan kemampuan dirimu. Kamu perlu mengeksplor hal-hal baru diluar agar suasana hati dan pikiranmu tak selalu bergelut dengan tugas-tugas kuliah. Jadikanlah organisasi tempat kamu menyalurkan hobimu, namun tetap perjuangankan akademikmu dulu ya. Jangan sampai kamu memprioritaskan organisasi daripada kuliahmu.

Kamu Butuh Refreshing

Refreshing. Foto: internet

Refreshing itu perlu bagi diri kamu, apabila merasa penat dengan tugas-tugas kuliah. Paling tidak kamu bisa melakukan refreshing atau jalan-jalan seminggu sekali. Jangan sampai yang ada dipikiranmu hanyalah “salah jurusan” dan berdampak pada kesehatanmu. Kamu bisa jalan-jalan dengan keluarga, teman, bahkan kamu bisa me time untuk menenangkan dirimu. Masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan seperti kulineran, menonton film, nongkrong, atau hal lainnya yang penting untuk kondisi psikolgismu.

Well, kamu tidak perlu risau dan merasa salah jurusan terus. Finally, ini akan segera berlalu jika kamu mampu menghadapinya. Tetap semangat ya kuliahnya, jangan lupa ada orang tua yang menunggumu sukses dan bahagia. See you feeners!

Posting Beberapa Hal yang Bisa Kamu Lakukan Jika Merasa Salah Jurusan ditampilkan lebih awal di Fenesia.

]]>
https://www.fenesia.com/beberapa-hal-yang-bisa-kamu-lakukan-jika-merasa-salah-jurusan/feed/ 0
Attack on Titan Final Season Selesai, Bagian 2 Tayang Tahun Depan https://www.fenesia.com/attack-on-titan-final-season-selesai-bagian-2-tayang-tahun-depan/ https://www.fenesia.com/attack-on-titan-final-season-selesai-bagian-2-tayang-tahun-depan/#respond Mon, 29 Mar 2021 14:13:49 +0000 https://www.fenesia.com/?p=12664 FENESIA – Serial anime Attack on Titan Final Season atau season 4 akan bersambung ke...

Posting Attack on Titan Final Season Selesai, Bagian 2 Tayang Tahun Depan ditampilkan lebih awal di Fenesia.

]]>
FENESIA – Serial anime Attack on Titan Final Season atau season 4 akan bersambung ke bagian kedua, yang akan tayang pada tahun 2022 nanti. Hal ini disampaikan oleh studio animasi MAPPA, selaku produser Attack on Titan (AoT) season keempat.

Bagian kedua dari serial Attack on Titan Season 4 ini masih akan berfokus pada perjuangan Gabi Braun dan Falco Grice, dua kandidat Prajurit Eldia yang ingin mewarisi Titan Zirah milk Reiner untuk meneruskan perjuangan pendiri Titan setelah gagal dalam misi sebelumnya.

Sementara itu, dominasi Marley atas negara-negara pesaing mulai melemah karena persenjataan anti-titan yang semakin canggih. Mereka bahkan berencana menyerang Pulau Paradis untuk mengembangkan militer mereka menggunakan sumber daya di pulau itu dan juga memulihkan pendiri Titan.

Menurut MAPPA, AoT Final Season bagian 2 akan rilis pada musim dingin tahun ini, dan bakal resmi tayang awal 2022. Meski begitu, mereka belum mengumumkan jumlah episode yang akan mengisi bagian ke-2 tersebut.

Sementara itu, bagian pertama season ini memiliki 16 episode. Episode terakhir bagian pertama serial Attack on Titan Season 4 telah tayang pada Senin (29/3) dini hari tadi.

Meski berlanjut, Attack on Titan season 4 adalah season terakhir dari anime karya Hajime Isayama. Anime tersebut dapat disaksikan di layanan streaming Netflix.

Posting Attack on Titan Final Season Selesai, Bagian 2 Tayang Tahun Depan ditampilkan lebih awal di Fenesia.

]]>
https://www.fenesia.com/attack-on-titan-final-season-selesai-bagian-2-tayang-tahun-depan/feed/ 0
Kilang Minyak Pertamina Balongan Terbakar, Apa Pasokan Minyak Terganggu? https://www.fenesia.com/kilang-minyak-pertamina-balongan-terbakar-apa-pasokan-minyak-terganggu/ https://www.fenesia.com/kilang-minyak-pertamina-balongan-terbakar-apa-pasokan-minyak-terganggu/#respond Mon, 29 Mar 2021 02:52:11 +0000 https://www.fenesia.com/?p=12658 FENESIA – Kilang minyak milik Pertamina di Balongan, Indramayu, Jawa Barat terbakar pada Senin, (29/3)...

Posting Kilang Minyak Pertamina Balongan Terbakar, Apa Pasokan Minyak Terganggu? ditampilkan lebih awal di Fenesia.

]]>
FENESIA – Kilang minyak milik Pertamina di Balongan, Indramayu, Jawa Barat terbakar pada Senin, (29/3) dini hari tadi. Peristiwa ini terjadi tepatnya pada pukul 00.45 WIB. 

Mengutip dari situs resmi Pertamina, Pertamina (Persero), Refinery Unit (RU) VI Balongan adalah kilang keenam dari tujuh kilang Direktorat Pengolahan PT Pertamina (Persero).

Kegiatan bisnis utamanya adalah mengolah minyak mentah (Crude Oil) menjadi produk-produk BBM (Bahan Bakar Minyak), Non BBM. Petrokimia RU VI Balongan mulai beroperasi sejak tahun 1994. 

Mengutip dari Kabar 24 Bisnis, kilang ini berlokasi di Indramayu (Jawa Barat) sekitar ±200 km arah timur Jakarta, dengan wilayah operasi di Balongan, Mundu dan Salam Darma. Bahan baku yang diolah di Kilang RU VI Balongan adalah minyak mentah Duri dan Minas yang dari Propinsi Riau.

Keberadaan RU VI Balongan sangat strategis bagi bisnis Pertamina maupun bagi kepentingan nasional. Sebagai Kilang yang relatif baru dan telah menerapkan teknologi terkini, Pertamina RU VI mempunyai nilai ekonomis yang tinggi karena kilang minyak ini mengolah produk-produk unggulan seperti Premium, Pertamax, Pertamax Plus, Solar, Pertamina DEX, Kerosene (Minyak Tanah), LPG, Propylene, Pertamina RU VI mempunyai kontribusi yang besar dalam menghasilkan pendapatan baik bagi PT Pertamina maupun bagi negara.

Selain itu RU VI Balongan mempunyai nilai strategis dalam menjaga kestabilan pasokan BBM ke DKI Jakarta, Banten, sebagian Jawa Barat dan sekitarnya yang merupakan sentra bisnis dan pemerintahan Indonesia.

PT Pertamina Balongan terus mengembangkan potensi bisnis yang dimiliki melalui penerapan teknologi baru, pengembangan produk-produk unggulan baru dan juga penerapan standar internasional dalam sistem manajemen mutu dengan tetap berbasis pada komitmen ramah lingkungan.

Posting Kilang Minyak Pertamina Balongan Terbakar, Apa Pasokan Minyak Terganggu? ditampilkan lebih awal di Fenesia.

]]>
https://www.fenesia.com/kilang-minyak-pertamina-balongan-terbakar-apa-pasokan-minyak-terganggu/feed/ 0
Polisi Selidiki Jenis Bom Bunuh Diri yang Digunakan di Depan Gereja Katedral Makassar https://www.fenesia.com/polisi-selidiki-jenis-bom-bunuh-diri-yang-digunakan-di-depan-gereja-katedral-makassar/ https://www.fenesia.com/polisi-selidiki-jenis-bom-bunuh-diri-yang-digunakan-di-depan-gereja-katedral-makassar/#respond Sun, 28 Mar 2021 06:47:54 +0000 https://www.fenesia.com/?p=12647 FENESIA – Tim Densus 88 Anti Teror Tim Inafis Polri, dan Puslabfor Polri saat ini...

Posting Polisi Selidiki Jenis Bom Bunuh Diri yang Digunakan di Depan Gereja Katedral Makassar ditampilkan lebih awal di Fenesia.

]]>
FENESIA – Tim Densus 88 Anti Teror Tim Inafis Polri, dan Puslabfor Polri saat ini tengah mengumpulkan serpihan bom yang dipakai dua pelaku untuk meledakkan diri di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol. Argo Yuwono menjelaskan bahwa kepolisian telah menemukan rangkaian sumber ledakan dan beberapa bahan bekas ledakan yang pelaku gunakan.

“Jadi setelah olah TKP sudah didapatkan sirkuit atau rangkaian sumber ledakan, untuk mendalami apakah ini ledakan jenis high eksplosif atau low eksplosif,” ungkap Argo.

Menurut Argo, setelah mengetahui jenis bom yang pelaku gunakan, polisi baru bisa mengetahui jaringan teroris kedua pelaku tersebut.

“Nanti baru bisa diketahui pelaku ini jaringan mana dan apa alasannya melakukan ini,” kata Argo.

Selain mengumpulkan serpihan bom, polisi juga mengumpulkan serpihan tubuh pelaku bom bunuh diri di sekitar Gereja Katedral untuk mengidentifikasi identitas dua orang pelaku tersebut.

“Semua temuan akan disisir satu per satu, termasuk juga serpihan tubuh di TKP,” ungkap Argo.

Posting Polisi Selidiki Jenis Bom Bunuh Diri yang Digunakan di Depan Gereja Katedral Makassar ditampilkan lebih awal di Fenesia.

]]>
https://www.fenesia.com/polisi-selidiki-jenis-bom-bunuh-diri-yang-digunakan-di-depan-gereja-katedral-makassar/feed/ 0
Jasad di Depan Gereja Katedral Makassar Diduga Pelaku https://www.fenesia.com/jasad-di-depan-gereja-katedral-makassar-diduga-pelaku/ https://www.fenesia.com/jasad-di-depan-gereja-katedral-makassar-diduga-pelaku/#respond Sun, 28 Mar 2021 06:29:06 +0000 https://www.fenesia.com/?p=12644 FENESIA –  Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Merdisyam membenarkan ada ledakan yang diduga bom bunuh diri di...

Posting Jasad di Depan Gereja Katedral Makassar Diduga Pelaku ditampilkan lebih awal di Fenesia.

]]>
FENESIA –  Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Merdisyam membenarkan ada ledakan yang diduga bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (28/3). 

Dalam kejadian tersebut, terlihat sejumlah potongan tubuh yang diduga tubuh pelaku yang meledakkan bom. “Dimungkinkan itu pelaku,” ujar Merdisyam di Kompas TV, seperti yang dikutip dari IDN Times.

Menurut Merdisyam, lokasi ledakan berada di gerbang gereja. Akibat ledakan tersebut, ada lima petugas dan empat orang jemaat yang menjadi korban serpihan bom.

“Saat ini kita ada 5 petugas gereja dengan 4 jamaah terkena serpihan dan kita bawa ke RS. Korban meninggal diduga hanya pelaku,” katanya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan Kombes Pol E Zulpan mengatakan, ledakan bom terjadi di dekat Gereja Katedral Makassar pada pukul 10.28 WITA.

“Di lokasi kejadian ada potongan tubuh manusia, sementara kita dalami berapa jumlahnya,” ucap Zulpan di Kompas TV.

Zulpan juga mengonfirmasi adanya korban luka akibat bom bunuh diri tersebut. Namun, ia belum bisa memastikan berapa jumlah korban luka dan meninggal dunia.

“Ada (korban luka) sementara dibawa ke rumah sakit. Jumlah belum tahu,” ungkapnya.

Posting Jasad di Depan Gereja Katedral Makassar Diduga Pelaku ditampilkan lebih awal di Fenesia.

]]>
https://www.fenesia.com/jasad-di-depan-gereja-katedral-makassar-diduga-pelaku/feed/ 0
Bom Meledak di Depan Gereja Katedral Makassar, Berikut Situasi Terkininya https://www.fenesia.com/bom-meledak-di-depan-gereja-katedral-makassar-berikut-situasi-terkininya/ https://www.fenesia.com/bom-meledak-di-depan-gereja-katedral-makassar-berikut-situasi-terkininya/#respond Sun, 28 Mar 2021 06:10:04 +0000 https://www.fenesia.com/?p=12638 FENESIA – Sebuah bom baru saja meledak di depan sebuah Gereja katedral di Makassar, Sulawesi...

Posting Bom Meledak di Depan Gereja Katedral Makassar, Berikut Situasi Terkininya ditampilkan lebih awal di Fenesia.

]]>
FENESIA – Sebuah bom baru saja meledak di depan sebuah Gereja katedral di Makassar, Sulawesi Selatan pada Minggu, 28 Maret 2021. Bom bunuh diri ini meledak saat jemaat tengah melaksanakan misa Minggu Palma, awal dari perayaan pekan suci.

Saat ini, beberapa petugas keamanan terlihat mulai berdatangan untuk mengamankan lokasi ledakan bom.

Mengutip dari Kompas.com, akses Jalan Kartini yang berada di sekitar lokasi kejadian dipasang garis polisi agar tidak ada warga yang melintas.

“Saya masih di Jalan Kartini sekarang dipasang dua perimeter, satu di pertigaan kartini di depan hotel, lalu di perempatan. Itu sudah dipasangi garis polisi,” kata seorang saksi mata, Armin, di lokasi kejadian.

Menurutnya, ledakan bom bunuh diri di depan gereja tersebut terjadi sekitar pukul 10.00 WITA. Saat kejadian tersebut, ia mengaku awalnya dirinya mendengar dentuman keras saat berada di sebuah klinik di Jalan Hasanuddin.

Ia baru sadar jika suara dentuman tersebut adalah bom ketika melihat banyak orang yang berkerumun dan menyebut ada bom.

“Itu kerumunan orang ada di situ, dan katanya ada bom, itu orang sudah mulai berlarian,” ungkap Armin.

Saat ikut mendekat di lokasi kejadian, ia melihat sejumlah bagian tubuh yang diduga pelaku, berceceran di lokasi kejadian.

Posting Bom Meledak di Depan Gereja Katedral Makassar, Berikut Situasi Terkininya ditampilkan lebih awal di Fenesia.

]]>
https://www.fenesia.com/bom-meledak-di-depan-gereja-katedral-makassar-berikut-situasi-terkininya/feed/ 0
Larangan Mudik Dikeluarkan, Polisi Akan Berlakukan Penyekatan Jalan dan Wilayah https://www.fenesia.com/larangan-mudik-dikeluarkan-polisi-akan-berlakukan-penyekatan-jalan-dan-wilayah/ https://www.fenesia.com/larangan-mudik-dikeluarkan-polisi-akan-berlakukan-penyekatan-jalan-dan-wilayah/#respond Sat, 27 Mar 2021 07:28:24 +0000 https://www.fenesia.com/?p=12627 FENESIA – Pemerintah secara resmi mengeluarkan larangan mudik untuk masyarakat pada libur lebaran Idul Fitri...

Posting Larangan Mudik Dikeluarkan, Polisi Akan Berlakukan Penyekatan Jalan dan Wilayah ditampilkan lebih awal di Fenesia.

]]>
FENESIA – Pemerintah secara resmi mengeluarkan larangan mudik untuk masyarakat pada libur lebaran Idul Fitri tahun ini. Sama seperti lebaran tahun lalu, polisi akan kembali melakukan penyekatan jalan dan wilayah. 

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Rudi Antrasiksawan mengatakan, penyekatan jalan dan wilayah seperti pada Lebaran 2020 bakal kembali dilakukan jajaran Polri.

Polri akan lakukan pengamanan sesuai dengan kebijakan pemerintah dan bakal bersinergi dengan pemangku kepentingan terkait. “Pastinya itu (penyekatan) salah satu pola yang akan dilakukan,” ungkap Rudi, seperti yang dikutip dari Antara lewat detikOto.

Sedangkan, untuk pengamanan Lebaran Idul Fitri 2021, Polri juga akan tetap menggelar Operasi Ketupat. Operasi ketupat yang dilaksanakan juga akan disesuaikan dengan kebijakan pemerintah.

“Yang jelas dalam kegiatan pengamanan mudik lebaran Polri akan gelar operasi ketupat, dan tentunya rencana operasi ketupat yang akan dilaksanakan disesuaikan dengan kebijakan pemerintah tersebut,” ungkap Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Rusdi Hartono, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat.

Rusdi mengatakan, Polri saat ini tengah merencanakan model pengamanan Hari Raya Idul Fitri 2021, disesuaikan dengan kebijakan pemerintah yang telah melarang mudik lebaran.

“Pelaksanaan operasi akan dilaksanakan disesuaikan dengan kebijakan pemerintah, sekarang masih taraf perencanaan,” ujar Rusdi.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pemerintah mengeluarkan larangan untuk masyarakat mudik, pada Jumat (26/3). Larangan ini diberlakukan untuk menekan angka penyebaran virus Covid-19.

 

Posting Larangan Mudik Dikeluarkan, Polisi Akan Berlakukan Penyekatan Jalan dan Wilayah ditampilkan lebih awal di Fenesia.

]]>
https://www.fenesia.com/larangan-mudik-dikeluarkan-polisi-akan-berlakukan-penyekatan-jalan-dan-wilayah/feed/ 0
Menurut Pengamat, Larangan Mudik tanpa Aturan Teknis Buat Masyarakat Bingung https://www.fenesia.com/menurut-pengamat-larangan-mudik-tanpa-aturan-teknis-buat-masyarakat-bingung/ https://www.fenesia.com/menurut-pengamat-larangan-mudik-tanpa-aturan-teknis-buat-masyarakat-bingung/#respond Sat, 27 Mar 2021 05:07:39 +0000 https://www.fenesia.com/?p=12621 FENESIA – Menko PMK Muhadjir Effendy resmi mengeluarkan larangan untuk masyarakat untuk tidak mudik lebaran...

Posting Menurut Pengamat, Larangan Mudik tanpa Aturan Teknis Buat Masyarakat Bingung ditampilkan lebih awal di Fenesia.

]]>
FENESIA – Menko PMK Muhadjir Effendy resmi mengeluarkan larangan untuk masyarakat untuk tidak mudik lebaran pada 6-17 Mei.

Masyarakat juga diimbau tidak melakukan perjalanan keluar daerah sebelum dan sesudah tanggal 6-17 Mei. Akan tetapi, pemerintah belum menerbitkan peraturan teknisterkait pelarangan mudik tersebut.

Menurut pengamat kebijakan publik Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah, larangan mudik tanpa mekanisme dapat membuat masyarakat bingung dan dapat mengurangi kepercayaan publik terhadap pemerintah. Trubus meminta pemerintah untuk mengeluarkan aturan rinci dari pelarangan mudik tersebut.

“Ini kan kebijakan yang terburu-buru, jadinya seperti inkonsisten, karena sudah disampaikan pelarangan tapi gak ada mekanisme teknisnya. Dampaknya, masyarakat jadi bingung. Jadi ada public distrust, kepercayaan publik pada pemerintah ini berkurang,” kata Trubus seperti yang dikutip dari CNN Indonesia.

Pemerintah juga diminta segera menerbitkan Surat Edaran (SE) larangan mudik supaya pemerintah daerah dapat melakukan persiapan dan sosialisasi pada masyarakat.

Menurut Trubus, aturan pelarangan yang ketat bisa menjadi simalakama bagi pemerintah, terutama melihat psikologis masyarakat yang tahun lalu juga tidak mudik. Meski ada aturan, mereka yang ingin mudik bisa saja mencari celah dari aturan yang sudah dibuat.

“Jadi ini simalakama ya sebenarnya, kalau aturannya tegas melarang, public distrust bisa jadi semakin besar. Ada juga masyarakat yang mencari celah dari aturan, kalau tidak ketat, seperti pemerintah tidak konsisten,” ungkap Trubus.

Trubus sendiri berpendapat pemerintah sebaiknya tidak melarang mudik lebaran 2021, namun mengoptimalkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di setiap daerah. Dengan begitu, setiap pintu masuk akan dijaga ketat, dan hanya yang memiliki surat keterangan negatif Covid-19 yang bisa memasuki wilayah atau melakukan perjalanan.

Ia juga meminta optimalisasi peran RT/RW setempat untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan di tempat ibadah dan dalam keseharian masyarakat di lingkungannya.

“Saran saya sebenarnya tidak perlu dilarang [mudik], kita akan ada namanya PPKM Mikro, itu saja diperketat pakai surat negatif Covid-19 itu, dan peran RT/RW ditingkatkan supaya warga patuh dan disiplin protokol kesehatan,” ujarnya.

Posting Menurut Pengamat, Larangan Mudik tanpa Aturan Teknis Buat Masyarakat Bingung ditampilkan lebih awal di Fenesia.

]]>
https://www.fenesia.com/menurut-pengamat-larangan-mudik-tanpa-aturan-teknis-buat-masyarakat-bingung/feed/ 0
Pemerintah Resmi Larang Mudik 2021, Cuti Bersama Idul Fitri Hanya Satu Hari https://www.fenesia.com/pemerintah-resmi-larang-mudik-2021-cuti-bersama-idul-fitri-hanya-satu-hari/ https://www.fenesia.com/pemerintah-resmi-larang-mudik-2021-cuti-bersama-idul-fitri-hanya-satu-hari/#respond Sat, 27 Mar 2021 04:42:59 +0000 https://www.fenesia.com/?p=12617 FENESIA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy resmi mengeluarkan larangan mudik,...

Posting Pemerintah Resmi Larang Mudik 2021, Cuti Bersama Idul Fitri Hanya Satu Hari ditampilkan lebih awal di Fenesia.

]]>
FENESIA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy resmi mengeluarkan larangan mudik, pada Jumat (26/3).

Keputusan tersebut dipilih Muhadjir usai rapat bersama sejumlah menteri dan pimpinan lembaga terkait di Jakarta, Jumat (26/3). “Mulai tanggal 6 sampai 17 Mei 2021 masyarakat dilarang mudik Lebaran,” ungkapnya.

Dia mengatakan, keputusan tersebut ditempuh untuk mengurangi lonjakan kasus penyebaran Covid-19 seperti yang terjadi sebelumnya pada beberapa kali masa libur panjang, termasuk saat libur Natal dan Tahun Baru 2020.

“Sesuai arahan Bapak Presiden dan hasil keputusan rapat koordinasi tingkat menteri maka ditetapkan bahwa tahun 2021 mudik ditiadakan,” ucapnya.

Muhadjir menekankan larangan mudik Lebaran tidak hanya berlaku untukASN, pegawai BUMN, maupun TNI/Polri, namun juga bagi pegawai swasta dan seluruh masyarakat Indonesia. Hal tersebut sekaligus untuk memaksimalkan manfaat dari pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu.

Mengenai cuti bersama Idulfitri tetap diberlakukan yaitu 12 Mei 2021. Kendati masyakat diimbau untuk tidak melakukan pergerakan atau aktivitas kegiatan yang berpotensi menaikkan angka kasus penularan dan keterpaparan Covid-19. “Untuk imbauan supaya tidak bepergian kecuali dalam keadaan urgent,” katanya.

Posting Pemerintah Resmi Larang Mudik 2021, Cuti Bersama Idul Fitri Hanya Satu Hari ditampilkan lebih awal di Fenesia.

]]>
https://www.fenesia.com/pemerintah-resmi-larang-mudik-2021-cuti-bersama-idul-fitri-hanya-satu-hari/feed/ 0
Waspada! Tips Menghadapi Orang yang Suka Playing Victim https://www.fenesia.com/waspada-tips-menghadapi-orang-yang-suka-playing-victim/ https://www.fenesia.com/waspada-tips-menghadapi-orang-yang-suka-playing-victim/#respond Thu, 25 Mar 2021 17:27:26 +0000 https://www.fenesia.com/?p=12605 FENESIA – Salah satu keanehan dari tingkah laku manusia adalah ketika ia mampu bermain peran...

Posting Waspada! Tips Menghadapi Orang yang Suka Playing Victim ditampilkan lebih awal di Fenesia.

]]>
FENESIA – Salah satu keanehan dari tingkah laku manusia adalah ketika ia mampu bermain peran dalam situasi tertentu. Ia yang salah, tapi seolah menempatkan dirinya sebagai korban. 

Playing victim mungkin tidak terdengar asing lagi bagi sebagian orang. Apalagi jika dia yang playing victim tersebut berhadapan langsung dengan kamu. Beruntung kalau kamu pandai mengatur emosi untuk tidak melawan dia, tapi apa jadinya jika kamu tidak pandai mengendalikan emosi? Si playing victim pintar dalam bermain drama dan patut untuk diacungi jempol.

Feeners bisa lakukan cara berikut ini untuk menghadapi orang yang suka playing victim. Penasaran? Yuk simak!

Jangan Ikuti Dramanya

Drama playing victim. Foto: internet

Hati-hati, jangan sampai kamu masuk perangkap si playing victim. Jangan gampang terpengaruh dengan bualannya, apalagi saat dia mengeluh atau mencoba menyalahkan orang lain. Kamu cukup merespon dengan raut yang datar dan seolah tidak suka dengan sikapnya.

Hindari Perdebatan dengan Logika

Menghindari perdebatan. Foto: internet

Ketika berdebat dengan si playing victim, ini akan menghabiskan waktu dan tenaga. Secara tidak langsung, kamu berdebat dengan dia yang tidak sehat. Apalagi jika kamu mendebatnya dengan logika, ini tidak akan menghentikan sikap playing victim nya lho feeners.

Tawarkan Solusi

Solusi dalam tim. Foto: internet

Orang dengan mental yang tidak sehat pasti akan sulit untuk menerima solusi dari orang lain. Kita bisa tawarkan solusi pada si playing victim, daripada kita ikut frustasi mendengar keluhan dan energi negatif darinya. Tak ada salahnya kita mencoba untuk memberi solusi dari yang paling praktis dan mudah dilakukan, setidaknya ini akan didengarkan oleh dia.

Membangun Jarak

Membangun jarak. Foto: internet

Tidak semua orang bisa menghadapi perilaku si playing victim dengan mudah. Daripada kamu tetap bertahan, mending bangun jarak dengannya. Sebenarnya, apabila kamu terlalu dekat dengan si playing victim ini akan berdampak buruk bagi pribadi kamu sendiri. Playing victim bisa dibilang sebagai virus yang gampang untuk menular. Pastinya perhatikan kesehatan mentalmu dulu ya feeners dan kamu masih bisa berteman dengan orang yang lebih baik.

Memang menyebalkan jika kita bergaul dengan orang yang suka playing victim. Tapi tenang feeners! Kamu bisa melakukan tips-tips yang ada di atas ya. Jangan lupa jaga kesehatan and see you!

Posting Waspada! Tips Menghadapi Orang yang Suka Playing Victim ditampilkan lebih awal di Fenesia.

]]>
https://www.fenesia.com/waspada-tips-menghadapi-orang-yang-suka-playing-victim/feed/ 0